Bebek TVS Disematkan Transmisi Semi Otomatis

Transmisi Setengah Hati Dari TVS – Populernya varian skuter matik di kalangan pecinta kendaraan roda dua, nampaknya memang menjadi sedikit pengganjal bagi pecinta transmisi manual. Disatu sisi, transmisi otomatis memang menyamankan penggunanya lantaran tak perlu pegal menggerakkan badan. Di sisi lain, transmisi manual memberikan sensasi gas-gigi yang tak bisa dirasakan kecuali oleh biker expert tertentu.

bebek tvs disematkan transmisi semi otomatis

Memahami hal tersebut, TVS kali ini punya ide yang luar biasa. Bisa dibilang ide ini menggabungkan konsep transmisi manual dengan kenyamanan ala motor matik. Ide yang sudah tertuang dalam pendaftaran paten resmi pada bulan Mei yang lalu, mencatatkan TVS sebagai pemiliknya sebagaimana dilansir dari Kompas (22/6/2016). Alhasil, ide ini nantinya dipercaya akan menjadi jiwa dari sebagian besar motor asal India ini.

Bagaimana cara kerjanya? Bisa dibilang cara kerjanya dengan memindahkan tuas gigi ke stang pengemudi. Tentu hal ini akan lucu apabila dibayangkan secara langsung. Namun, apabila melihat aplikasinya ternyata tuas tersebut digantikan denga serangkain tombol belaka layaknya menekan switch lampu. Hal ini dimungkinkan karena tombol tersebut dihubungkan secara elektronik dengan mekanisme penggerak pengubah gigi. Alhasil, kali ini perpindahan gigi hanya membutuhkan ibu jari semata menggantikan kaki yang sebelumnya senantiasa aktif di jalanan.

Pemikiran TVS inipun ternyata juga berlandaskan pengalaman. Pasalnya, menurut TVS, sering terjadi selip kaki saat akan menginjak gigi pada varian motor manual. Dengan pemindahan tuas gigi melalui bentuk tombol dikemudi, TVS berharap kejadian selip kaki tersebut tak akan ada lagi. Hal tersebut akan menurunkan potensi kecelakaan. Bahkan menurutnya, perpindahan tuas gigi tersebut akan meningkatkan efisiensi bahan bakar 2-5 persen.

Walaupun terbilang teknologi yang menyegarkan, namun TVS mengakui bahwa teknologinya kali ini tak mampu menyaingi teknologi kopling dari Honda. Pengakuan ini memang semakin menunjukkan dominasi Honda terhadap merek-merek diseluruh dunia dari sisi teknologi. Namun, pembuatan teknologi ini oleh TVS diharapkan mampu memberikan pilihan yang lebih banyak untuk konsumen.

Jika dilihat dari kebiasaan TVS membanderol harga, bisa dibilang pilihan yang dimaksud merupakan pilihan masyarakat pada kelas di bawah Honda yang menginginkan spesifikasi sangar layaknya Honda. Nah, rencananya, sebagai korban pertama teknologi ini akan diusung oleh TVS Neo yang merupakan varian bebek. Baca juga TVS EntorQ 210, Skutik Citarasa Premium dari India dan BMW Bekerjasama dengan TVS Untuk Membuat Motor Sport Tangguh.

Top