Mini Diproduksi di Indonesia? Hanya Angan!

BMW Group Belum Ada Rencana Produksi Mini di Indonesia – Meski beberapa produk BMW diproduksi secara lokal di Indonesia, namun rupanya tidak dengan Mini. BMW Group Indonesia meski menjadi agen pemegang merek (APM) dari BMW dan Mini, namun sejauh ini masih belum memiliki rencana untuk memproduksi Mini di Tanah Air. Perakitan lokal, saat ini masih fokus pada produk-produk BMW terlebih dahulu.

bmw group belum ada rencan produksi mini di indonesia

Tercatat, perakitan secara lokal BMW telah mulai berjalan sejak tahun 2011 lalu, dan hingga saat ini telah ada lebih dari 8.500 unit BMW telah dirakit secara lokal. BMW sendiri, saat ini masih belum memiliki pabrik resmi di Indonesia, produksi dari beberapa kendaraannya masih menumpang di fasilitas milik anak perusahaan Astra International, Gaya Motor yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Begitulah informasi yang dirangkum melalui KompasOtomotif, Kamis (23/06/2016).

Sampai saat ini, beberapa produk yang diproduksi BMW Group Indonesia secara lokal antara lain adalah SUV X1, X3, X5 dan juga ada Seri 3 dan Seri 5. Terhitung sejak awal mulai perakitan di Indonesia, BMW telah menggelontorkan dana mencapai Rp160 miliar. Perlu diketahui, sejak awal memang Mini tak masuk dalam daftar strategi perakitan lokal tersebut.

Hingga saat ini, produksi Mini masih diproduksi di Oxford secara penuh. Begitulah yang disampaikan oleh Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O’tania.

Oxford, Inggris dikatakan sebagai lokasi ‘jantung’ Mini. Dari mulai tempat produksi bodi, pengecatan, hingga perakitan finishing. Tempat kelahirannya itu masih belum berubah meskipun Mini telah diambil alih oleh BMW pada tahun 1994. Saat ini, mobil Mini telah dijual di lebih dari 110 negara.

Pabrikannya di Oxford, sendiri emndapatkan suplai dari pabrik Mini lain di Inggris, yaitu Hams Hall yang merupakan pabrik untuk pembuatan mesin dan di Swindon  yang merupakan tempat pengepresan bodi.

Jodie kemudian mengungkapkan bahwa salah satu penyebab dari keputusan tidak memproduksi Mini di dalam negeri memang terkait urusannya dengan nilai historis. Mini masih sangat identik dengan gaya British yang dipertahankan sebagai nilai khasnya. Baca juga Sambut GIIAS 2016, BMW Siapkan Mobil Baru dan Hatchback Honda Terbaru Khusus Pasar China Siap Diperkenalkan

Top