China Tolak Gugatan Jaguar atas Evoque “KW”

Jaguar Land Rover (JRL) tidak bisa menggugat perusahaan asal China –  usaha pemakaian desain Range Rover Evoque pada Lanwind X7. Menurut pemerintah china sendiri paten kedua model itu dinyatakan tidak sah.

jaguar land rover jrl tidak bisa menggugat perusahaan asal china

Jaguar Land Rover terpaksa menerima kenyataan pahit sebab tidsak ada satupun peraturan yang menghalanhi merk China Landwind motor menjiplak dan menjual tiruan Range Rover Evoque X7. Pada novenber 2014 JRL mengaku serius mencari cara legal hukum dan juga akn membekuk mitra lokal China Chery Automobile untuk menghalangi pengenalan publik Landwind X7, namun di shanghai auto show KompasOtomotif jumat (24/6/2016)Chief excekutif JRL Ralf Speth mengatakan  tak ada yang bisa di laukan untuk mencegah penjualan Evoque versi “KW” itu.

Aplikasi paten Evoque masuk pada april tetapi model nya sudah pernah muncul ditempat lain. sementara itu paten Landwind X7 yang di terima pada mei dinyatakan tidak valid sebab dikatakan sangat mempresentasikan Evaque.

Awal bulan ini JRL menginformasikan telah melakukan aksi legal nya kepada Jialing. Sumber JRL mengatakan pada Automotive news pada KompasOtomotif jumat (24/6/2016)

Perusahaan pun tidak berhenti menggugat kendati paten ditolak, menjiplak desain walaupun tidak membetur peraturan resmi tetap saja melanggar etika. Kendati hal itu tidak menggangu produsen alal China tersebut.

pengacara dari Zhong Law yaitu Chen Jihong menjelaskan bahwa bila menggugat atas patenbisa dilakukan JRL masih bisa melakukan usaha lainnya. mereka bisa mengajukan ke pengadilan tentang kompetisi yang tidak adil ini yng membingungkan konsumen Desain Evoque juga terlindungi hukun seperti musik atau produk kreatif lainnya.

Advertisement

JRL mrasa dirugikan sebab kasat mata Landwind X7 sangat mirip dengan ranger Rover Evoque yang akan di produksi di changsu China pada oktober mendatang. Lebih parah lagu harga jual X7 di prediksi sekitar 150.000 yuan atau Rp. 312,5 juta atau hampir tiga kali lebih murah dari Evoque. Baca Juga Ragam promo dan servis honda jelang lebaran dan Nissan belum selesai dengan Juke saat ini Nissan Juke

Top