Loh? Chevrolet Trax Tak Direcall?

Trax Global Direcall, Indonesia Adem Ayem – Panasnya kampanye recall di dunia otomotif memang secara sadar diikuti oleh General Motor. Akhirnya, kemarin secara resmi General Motor mengumumkan recall perbaikan atas 3 jagoan andalannya. Tersebut, Chevrolet Sonic dan Trax lansiran 2015-2016, serta Spark (2013-2015). Menariknya jika General Motor Internasional sudah mengumumkan hal tersebut, nyatanya General Motor di Indonesia membelot untuk tidak melakukan recall.

loh chevrolet trax tak direcall

Jika menengok permasalahannya, sebenarnya recall yang dilakukan oleh GM kali ini bisa dibilang hanya masalah yang tidak begitu urgent jika dibandingkan dengan recall para pesaingnya. Pasalnya, secara resmi GM sudah merilis bahwa kerusakan yang dialami ketiga varian tersebut hanya masalah fitur peringatan audio yang diberi nama “Bring Your Own Media”. Fitur tersebut dinyatakan tidak berfungsi sebagaimana mestinya oleh GM.

Seharusnya, fitur tersebut mampu mengingatkan pengemudi jika saja pengemudi lupa memakai sabuk pengaman. Sehingga pada dasarnya, kerusakan hanya ada pada tataran preventif kealpaan yang dilakukan oleh pengemudi. Hal tersebut tentu berbeda jauh dari vendor lain yang punya dampak langsung mencelakakan pengemudi dan penumpang.

Namun nampaknya, kepuasan konsumen dan penepatan janji atas fitur yang ditawarkan GM pada varian tersebut tetap menjadi paduan utama bagi GM sehingga menerbitkan perintah recall tersebut. Menariknya, GM Indonesia tidak melakukan hal yang sama. Dilansir dari Kompas (25/6/2016), Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs and Communications Director GM Indonesia menyatakan bahwa Trax di Indonesia tak akan ditarik.

Baca juga review Mas Sena tentang Chevrolet Trax

Pasalnya, kerusakan yang terjadi ada pada tataran software dan untungnya software audio pada Chevrolet Trax tersebut berbeda versi dari satu negara ke negara lain. Alhasil, kendala yang terjadi di luar negeri, belum tentu terjadi pula di Indonesia. Walaupun demikian, Yuniadi tetap memantau perkembangan Trax. Hal ini untuk tetap mengantisipasi adanya permasalah serupa.

Pantauan tetap difokuskan pada layanan after sales dan costumer service yang hingga saat ini belum ditemukan adanya kerluhan konsumen terhadap Trax mereka. Hal ini nampaknya menjadi alasan pembenar bagi GM Indonesia untuk tidak mengambil langkah yang sama dengan GM Pusat. Sekaligus memberi pelajaran bahwa perintah recall sangat mungkin terjadi hanya terbatas pada suatu regional penjualan. Baca juga Chevrolet Andalkan Jagoan Baru Kelas SUV dan Promo Menarik Tersedia Untuk Pembeli Chevrolet di IIMS.

Top