Di Ujung Ajal, Suzuki Spalsh Justru Banyak Peminat!

Berhenti Diproduksi, Stok Menipis, Suzuki Splash Masih Banyak Diminati – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya secara resmi telah mengumumkan penghentian produksi massal dari Suzuki Splash. Kendaraan yang didatangkan langsung dari pabrikan India ini memang sejak tahun 2014 lalu dikabarkan pensiun diproduksi untuk pasar Tanah Air, namun pihak perusahaan sempat menyanggahnya. Dan kali ini, barulah benar-benar dikatakan bahwa Suzuki Splash resmi ‘pensiun’ dari Indonesia.

berhenti diproduksi stok menipis suzuki splash masih banyak diminati

Dalam kesempatannya seperti yang dilansir melalui KompasOtomotif, Sabtu (25/06/2016) Direktur Pemasaran PT SIS, Donny Saputra mengatakan bahwa meskipun telah dihentikan produksinya, namun penjualan masih tetap dilakukan. Hal ini, mengingat stok dari Suzuki Splash di beberapa diler masih ada, jumlahnya juga tidak begitu banyak.

“Memang sudah tidak diproduksi lagi, tetapi di diler kami, masih ada, dan tidak banyak stoknya. Ini bukan berarti lantas kami menjual stok secara habis-habisan (terkait diskon), karena memang masih banyak yang menginginkan produk ini,” Ujarnya.

Donny lalu melanjutkan, ketersediaan dari Splash tidak bisa diketahui secara detail, sehingga dirinya tak menjamin bahwa di setiap diler masih ada produknya. Namun, diperkirakan saat ini stok Splash sudah semakin menipis, tersisa kurang lebih 40 unit dan rupanya, konsumen yang mencarinya-pun masih cukup banyak.

Meskipun produknya sudah tidak diproduksi lagi untuk pasar Indonesia, namun konsumen juga tak perlu khawatir karena untuk layanan aftersales masih tetap bisa diperoleh. SIS masih memberi jaminan untuk pelayanan terkait perawatan dan servis secara berkala. Ketersediaan spare part juga masih tetap dipenuhi.

Berdasarkan data di website rsmi Suzuki, Splash sendiri dijual dengan harga mulai Rp168 jutaan. Mobil dengan tampungan lima orang ini dibekali dengan mesin 1.197 cc yang bisa memproduksi tenaga hingga 85 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 nm pada putaran 4.500 rpm.

Jika ditanyakan terkait pemidahan produksi Splash dari India ke Indonesia, rupanya pihak SIS mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah tindakan yang efisien. Pasalnya, untuk melakukan hal tersebut, tentu harus mempertimbangkan economic order quantity (EOQ).

Sebagai informasi, data penjualan Suzuki Splash secara wholesales periode Januari-Mei 2016 terhitung sebanyak 478 unit. Baca juga ASX Orange Edition Meluncur Dengan Jumlah Terbatas dan Gaikindo Ajukan Permintaan Pemangkasan Pajak Sedan

Top