Kia Morning, Riwayatmu Dulu!

Hanya Bertahan Satu Tahun, Kia Morning Hentikan Produksinya untuk Indonesia – Masih ingat dengan Kia Morning? Dulu, saat beberapa agen pemegang merek (APM) tengah sibuk menghadirkan dan mempromosikan kendaraan segmen Low Cost Green Car (LCGC), rupanya Kia Mobil Indonesia (KMI) mengambil jalan yang berbeda. Saat itu, di tahun 2014, perusahaan ini justru meluncurkan Picanto versi murah atau dikenal dengan nama Morning. Pada saat itu, Kia sendiri menjualnya dengan harga yang tak berselisih jauh dnegan harga LCGC yaitu Rp128 jutaan. Melihat hal itu, rasanya Kia hendak menyaingi segmen LCGC dengan jenis lain.

hanya bertahan satu tahun kia morning hentikan produksinya untuk indonesia

Namun, rupanya sesuai dengan namanya Kia Morning’ keberadaan kendaraan Picanto versi murah ini cepat sekali berakhir ibaratnya seperti pagi yang kemudian berlalu. Umur Kia Morning di Indonesia terbilang sangat singkat yaitu hanya satu tahun.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Direktur Marketing PT KMI, Hartanto Sukmono dikutip dari Okezone, Senin (27/06/2016),”Kalau Morning hanya satu tahun. Waktu itu kami produksi tahun 2014 saja,” Ujarnya.

Sejauh ini, masih tidak diungkap secara detail mengapa Kia memutuskan untuk berhenti dijual. Namun, telah dijelaskan oleh Hartanto bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan penataan ulang untuk semua jajaran produk yang dipasarkannya.

separator

“Kita melakukan Restrukturisasi untuk kelas Picanto. Karena itu, kami tidak akan jual Morning lagi,” Tutupnya.

Kia Morning ini sendiri, diketahui hadir dengan membawa mesin dual-CVVT dengan kapasitas 1.000 cc DOHC yang juga sanggup menyemburkan tenaga hingga sebesar 69 ps pada putaran 6.200 rpm dengan torsi maksimum 9,6 kgm pada putaran 3.500 rpm. Mesin tersebut, tentu saja berbeda dengan Kia Picanto yang telah dibekali dengan jantung pacu mesin berkapasitas 1.200 cc.

Kia Morning juga hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual lima percepatan saja. Sebelumnya, konsumen berharap nantinya akan dihadirkan versi transmisi otomatis, namun belum sempat terwujud, kendaraan ini akhirnya diputuskan untuk “suntik mati”.

Kia Morning di Indonesia ditawarkan dalam sembilan varian warna yaitu honey bee, clear white, bright silver, titanium silver, galaxy black, signal red, cherry pink, alice blue dan terakhir lemon grass. Baca juga Toyota Prius, Pelopor Mobil Hibrida Indonesia Berhenti Dijual dan Berhenti Diproduksi, Stok Menipis, Suzuki Splash Masih Banyak Diminati

Top