Honda BR-V Kalahkan Mobilio, Kok Bisa?

Honda BR-V Lebih Diminati Daripada Mobilio – Saat ini, mobil model Low Sport Utility Vehicle (LSUV) makin hari kian digemai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan melihat pertumbuhan dari kontribusi yang diterima atas penjualan LSUV yang meningkat menjadi 20,5% pada 5 bulan pertama di tahun 2016. Sedangkan, di tahun 2015 sendiri kontribusi yang diberikan model LSUV hanya mencapai angka 13% dari total keseluruhan penjualan kendaraan.

honda br v lebih diminati daripada mobilio

Di sisi lain, dikutip dari Okezone.com disebutkan bahwa Jonfis Fandy selaku Marketing and Aftersale Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mngatakan jika pertumbuhan segmen LSUV saat ini bahkan bisa dikatakan mampu mengalahkan mobil Low Multipurpose Vehicle (LMPV) yang hanya mencapai 0,5%. “Sebenarnya market tahun ini total LSUV sekira 20,5 persen. Tahun lalu sekira 13,5 persen. Jadi naik cukup besar. LMPV sendiri naiknya tidak sebesar itu. Kalau enggak salah cuma naik 0,5 persen,” ungkap Jonfis.

Advertisement

Di samping itu, Jonfis sendiri juga menambahkan bahwa kasus untuk konsumen merk Honda, pembeli segmen LSUV bukan lah pembeli pertama. Diketahui bahwa meeka merupakan umumnya sebelumnya sudah memiliki mobil, yaitu LMPV. “Karena LMPV itu kan mobil 7 seater pertama yang artinya ketika satu keluarga ingin membeli mobil 7 seater pertama, dia akan lari ke Mobilio. Tapi ketika dia mau upgrade, ketika sudah punya LMPV sebagai mobil pertama, ketemunya akan BR-V,” tambah dia.

Keadaan tersebut dinilai Jonfis merupakan sebuah tren yang tumbuh dengan pesat untuk segmen LSUV. Akan tetapi, tetap tidak akan bisa mengalahkan jumlah atau volume penjualan LMPV. Bahkan, ia juga menegaskan bahwa stagnannya penjualan untuk segmen LMPV dikarenakan oleh beberapa karakter konsumen. Pasalnya, hal tersebut sangat mempengaruhi daya beli konsumen. “Apakah ke depannya Mobilio bisa naik atau tidak, kalau ekonominya naik, ya bisa saja. Karena mobil pertama ini kan sensitif terhadap perekonomian. Makanya LCGC juga tidak bertumbuh,” pungkasnya. Baca juga Harga Terlalu Tinggi, BR-V Kalah Populer dari Mobilio di India dan Baru Meluncur di India, Honda BR-V Catat 4.000 Unit Pemesanan.

Top