Bulan Ramadhan Dongkrak Penjualan Daihatsu 15 Persen

Daihatsu Panen Lebih 15 Persen – Sebagaimana diketahui, munculnya suatu event tertentu akan memengaruhi pola konsumsi masyarakat. Tentu, hal ini akan mempermudah para pengusaha yang tak perlu repot-repot lagi mengeluarkan biaya promosi sekaligus analisa pasar. Fenomena inilah yang menjadikan potensi pasar konsumtif Indonesia sangat diidamkan bagi para pemain bisnis profesional baik lokal hingga tingkat dunia.

bulan ramadhan dongkrak penjualan daihatsu 15 persen

Identifikasi menarik sebenarnya lebih banyak muncul pada saat lebaran. Pasalnya, even ini harus melewati even bulan Ramadhan. Menariknya, ada dua indikasi yang akan meningkatkan pola konsumsi masyarakat, yaitu THR dan fenomena mudik. Keberadaan THR akan meningkatkan daya beli masyarakat secara tajam, sedangkan fenomena mudik juga akan meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat sehingga sangat klop sebagai celah mengambil peruntungan.

Hal ini nampaknya sedang terjadi pada Daihatsu. Pasalnya, dilansir dari Okezone (29/6/2016), Daihatsu dinyatakan sedang panen keuntungan dengan kenaikan penjualan hingga 15 persen. Disampaikan oleh Marketing and Customer Relation Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, bahwa yang paling laku kali ini adalah kelas MPV dengan branding Xenia. Walaupun demikian, untuk varian lainnya juga rata-rata mengalami kenaikan.

Sedikit membocorkan, sebenarnya lebaran kali ini cukup membuat was-was. Pasalnya, lebaran kali ini sangat berdekatan dengan tahun ajaran baru. Korelasinya, biaya pendidikan yang tinggi akan menurunkan tingkat konsumsi masyarakat, terutama terhadap mobil yang bisa dikatakan masuk dalam kategori barang mewah.

Namun menurut Hendra, hal tersebut nampaknya sedang tidak berlaku di Indonesia. Pasalnya, baik lebaran kali ini dan lebaran tahun kemarin yang masih mepet-mepet dengan tahun ajaran baru, nampaknya tren kenaikan penjualan pada even tersebut masih tetap melegakan. Bahkan menurutnya, pada bulan Juni 2016 ini penjualan tetap dinyatakan bagus.

Tentu, fenomena pasar ini termasuk suatu anomali pasar. Bisa jadi, THR masyarakat saat ini sudah sangat besarnya sehingga tak perlu lagi untuk menahan diri dari konsumsi mobil baru yang diiringi dengan kewajiban pembayaran biaya pendidikan. Atau bisa juga, fenomena mudik dengan mobil baru menjadi tren masa kini yang membuat tingkat konsumsi atas kendaraan berubah dari tersier menjadi primer khusus dalam even lebaran. Baca juga Keicar dan Ayla Limited Edition Akan Hadir di Ajang GIIAS 2016 dan Jelang Lebaran, Daihatsu Bekasi Tawarkan Diskon Hingga Rp 23 Juta.

Top