Canggih! Kini Fingerprint Mulai Dikembangkan untuk Buka Pintu Mobil

Synaptics Kembangkan Fingerprint Sensor untuk Dunia Automotif – Semakin tingginya tingkat perkembangan teknologi tentu saja membuat segala hal saat ini akan bisa dipermudah dengan media teknologi. Selain itu, tentu saja kemajuan semacam ini akan membuat para perusahaan pengembang saling berlomba untuk mendatangkan inovasi-inovasi baru yang lebih modern dan canggih. Salah satunya adalah Synaptics, yang merupakan sebuah perusahaan yang dikenal sebagai pengembang layar sentuh pada monitor hp dan teknologi sidik jari.

synaptics kembangkan fingerprint sensor untuk dunia automotif

Kabarnya, dalam waktu dekat perusahaan ini akan mengembangkan teknologi sidik jari yang akan menjadi bagian dari dunia automotif, di mana teknologi pemindai sidik jari personal akan ditawarkan sebagai alat yang memberi kemudahan dan keamanan bagi pemilik mobil khususnya. Informasi tersebut seperti yang diwartakan oleh Slash Gear dan dirangkum melalui Okezone, Rabu (29/06/2016).

Menurut ditektur senir Otomotif Bisnis Synaptics, Sunil Thomas, teknologi ini memiliki cara yang unik namun sederhana untuk menerapkan otentikasi biometrik yang akan langsung terhubung pada mobil.

Jika nantinya sistem keamanan ini terealisasi pada mobil, pastinya kemanan akan lebih terjaga. Karena hanya pemilik saja yang akan bisa membuka pintu. Gambaran sistem kerjanya, mungkin secara sederhana bisa dibayangkan seperti membuka lock ponsel melalui pemindai sidik jari. Jadi, kunci hanya akan bisa oleh sidik jari yang sejak awal terdeteksi perangkat. Begitupun dengan mobil, maka hanya sidik jari satu pemilik yang bisa membukanya.

separator

“Hadirnya perangkat sidik jari ini diklaim bisa menjadi sistem keamanan personalisasi berbasis driver, navigasi user interface serta melakukan berbagai macam sistem pembayaran online dalam mobil,” Lanjut Thomas.

Rupanya, bukan hanya untuk membuka pintu saja, sensor sidik jari ini memiliki sistem pengoperasian mulai dari membuka pintu, menghidupkan mesin menggunakan tombol start engine, menghidupkan aplikasi pada layar monitor hingga berbagai informasi yang dapat diambil harus meminta izin otentifikasi melalui pengenalan sidik jari pemilik.

Terlihat runit memang, namun sistem ini tentu akan memberikan perlindungan keamanan maksimal bagi kendaraan agar tidak rawan terhadap tindak pencurian. Baca juga Nissan Jadi Pelopor Mobil Listrik Otonom dan Eksterior Variasi Daihatsu Dibuat dengan Printer 3D

Top