Terganjal Strategi Prinsipal, Fiat 500X Tahun Depan Baru Bisa Masuk Indonesia

Crossover Fiat 500X tertunda Masuk Indonesia – Sejak tahun 2015 lalu, berita kehadiran crossover Fiat 500X di Indonesia telah ramai dibicarakan, bahkan banyak yang berspekulasi bahwa tahun ini kendaraan tersebut akan segera mendarat di Tanah Air. Namun, rupanya hingga saat ini mobil pesaing dari Mini Countryman ini masih juga belum tercium kehadirannya.

crossover fiat 500x tertunda masuk indonesia

Dalam kesempatannya, CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah menjelaskan, bahwa tertundanya Fiat 500X masuk ke pasar Indonesia adalah karena alasan strategi baru yang diterapkan oleh prinsipal Fiat Chrysler Automobile (FCA). Hal ini, tentu membuatnya harus menunggu hingga kuartal pertama tahun 2017 mendatang, barulah bisa memboyong kendaraan tersebut ke Tanah Air. Informasi tersebut seperti yang dirangkum dari Okezone, Kamis (30/06/2016).

“Terus terang, untuk Fiat 500X masih belum bisa sampai kuartal I tahun depan. Jadi, ada lima brand FCA yang kami pegang, yaitu Chrysler, Jeep, Dodge, Fiat, dan Alfa Romeo. Saat ini, prinsipal sedang menata ulang, yang mana yang menjadi merek domestik (Amerika). Contohnya Chrysler sudah dijadikan merek untuk Amerika. Kalau di Eropa, Chrysler namanya Lansia. Begitu pula untuk Dodge sudah diputuskan menjadi sportcar yang akan dipasarkan hanya untuk Amerika,” Ujarnya.

Pihaknya lalu melanjutkan, untuk mobil merek FCA yang sudah jelas menjadi brand internasional adalah Jeep. Selain itu, prinsipal juga telah memutuskan untuk mendahulukan Alfa Romeo sebagai merek global. Sementara Fiat difokuskan untuk menggarap pasar Eropa.

“Yang dicalonkan menjadi produk global ternyata Alfa Romeo dulu, bukan Fiat. Untuk Fiat sendiri saat ini masih fokus di Eropa untuk pengembangannya. Jadi kami belum bisa me-launching 500X,” Tambahnya.

Selain urusan prinsipal, faktor lain yang menjadi penyebab tertundanya Fiat 500X masuk ke Indonesia adalah pihaknya sejauh ini masih mencari harga yang cocok untuk memasarkan Fiat 500X untuk dijual di pasar Indonesia. Pertimbangan tersebut tentu digodok antara harga dan spesifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan pasar.

Namun, untuk kendaraan roda empat, Garasindo selaku agen pemegang merek (APM) kendaraan Fiat di Indonesia masih memiliki Jeep. Kendaraan tersebut kabarnya bakal dijadikan model yang menonjol dari Garasindo untuk dua tahun mendatang. Baca juga Ford Digugat Konsumen Australia dan Proses Panjang Perakitan Model Mobil Mercedes Benz di Tanah Air

Top