Nasib Pertamini Ke Depan

Pertamini Bukan Dari Pertamina – Teknik marketing Pertamini bisa dianggap sangat efektif di masa-masa sekarang ini. Pasalnya, nama Pertamini memberikan kesan yang jelas adanya Pertamina dalam bentuk SPBU dalam versi mini. Tentu, logikanya berjalan dengan segala sesuatu yang mini tersebut rasa keminian dari SPBU akan sangat terasa pada Pertamini.

nasib pertamini ke depan

Namun ternayta, sebagian orang tidak menyadari bahwa pada hakikatnya Pertamini bukan bagian dari Pertamina. Bahkan sebelumnya, Pertamina sempat menentang kehadiran Pertamini sebagaimana dilansir dari Kompas (1/7/2016). Pasalnya, selain masalah branding yang dibawa menimbulkan kesan afiliasi pada Pertamina, Pertamini disebut-sebut tak miliki standar yang jelas dalam jual beli BBM.

Masih dilansir dari sumber yang sama, Pertamini dianggap tidak punya badan hukum, tidak mengantongi izin niaga, rentan menipu takaran, dan tingkat standar keamanannya belum jelas. Hal ini jika dilihat secara sumir memang wajar lantaran posisi Pertamini pada hakikatnye merupakan upgrade dari pedagang BBM eceran dipinggir jalan.

Apalagi, jika melihat faktor keamanannya, bahan bakar merupakan bahan yang mudah terbakar dan tentunya sangat berbahaya jika tidak ditempatkan sebagaimana mestinya. Hal ini tentunya menjadi hal yang memusingkan Pertamina apabila hal-hal negatif pada Pertamini kemudian disangkutkan pada Pertamina karena alasan namanya mirip.

Di samping itu, Pertamini juga memiliki kelebihan yang tidak terelakkan. Pasalnya, Pertamini saat ini berada di luar jangkauan SPBU. Sehingga secara umum, Pertamini memiliki fungsi sebagai agen tidak resmi dari Pertamina untuk memudahkan masyarakat dalam membeli BBM di luar jangkauan SPBU. Walaupun masyarakat dipaksa membeli lebih mahal, namun nampaknya alasan praktis masih menjadi hal yang tak bisa dielakkan di pasaran.

Untuk itu, Senior Vice President Fuel Marketing, and Distribution Pertamina, Muhammad Iskandar menyatakan bahwa Pertamina punya planing untuk membina usaha eceran semacam itu. Ketika ditanya mengenai mereknya, Iskandar menjelaskan bahwa masih dicari. Namun demikian, pihaknya sudah menyatakan bahwa bulan Agustus 2016 nanti akan menjadi tanggal peluncuran program baru Pertamina ini nantinya.

Hingga saat ini program tersebut masih misterius apakah akan memberdayakan bisnis eceran yang sudah ada ataukah akan membuat bisnis eceran baru di bawah branding Pertamina sendiri. Baca juga Pertamina Jamin Tidak Akan Lebaran Tanpa Bensin dan Pertamina Meluncurkan Dexlite Bagi Kendaraan dengan Mesin Diesel.

Top