Penjualan Mitsubishi Mengalami Penurunan Drastis

Musibah yang menimpa Mitsubishi terkait skandal emisi –  berbuntut panjang dan menimbulkan kerugian besar. Seperti diberitakan Reuters, Kamis (30/6/2016) penjualan domestik Mitsubishi mengalami penurunan drastis KompasOtomotif Jumat, (1/7/2016). Permintaan pada dua bulan terkahir (April-Mei) terus mengalami penurunan. Kondisi ini terjadi pasca pengakuan Mitsubishi terkait kesalahan uji emisi, untuk empat produknya.

musibah yang menimpa mitsubishi terkait skandal emisi

Bisnis otomotif memang gampang-gampang susah. Banyak sekali aspek yang dapat mempengaruhi pasang surutnya bisnis ini. Salah satunya adalah faktor pembeli yang bisa meningkat ataupun turun drastis dalam waktu yang cukup cepat. Selain Mitsubihi, yang ikut menderita akibat skandal adalah Nissan, di mana penjualan “kei” car atau mobil mini miliknya, atas hasil kerja sama dengan Mitsubishi merosot. Sejak April, penjualan empat mobil yang diduga memiliki data emisi yang salah, sementara dihentikan. Perusahaan mengatakan, akan mulai memproduksi lagi, secepatnya awal bulan Juli 2016, setelah menerima pihak Kementerian Perhubungan Jepang, memberikan pernyataan resmi, kalau produknya tidak terlibat skandal.

Advertisement

Pihak Mitsubishi mengatakan, bulan Mei, penjualan turun 51,6 persen dari tahun jika dibanding sebelumnya. Kontribusi penurunan terbesar yaitu untuk segmen kendaraan mini sebesar 75,0 persen. Kemudian produksi dalam negeri juga mengalami kemerosotan sebesar 39,8 persen pada tahun ini, Angka tersebut menjadi ancaman bagi para petinggi untuk mengambil langkah tepat untuk menangani anjlok nya penjualan dari mobil Mitsubishi ini terlihat di beberapa bagian negara seperti Jepang, Amerika Utara, Eropa, Asia dan Regional Lainnya.

Sementara untuk Nissan, dibanding Mei 2015, penjualan domestiknya turun 26,2 persen pada bulan yang sama di 2016. Segmen kendaraan mini memberi sumbangan penurunan terbesar yaitu 76,8 persen. Baca juga Amunisi baru terus disiapkan oleh PT Mercedes Benz-Indonesia (MBI) dan Wujud Dari All New Nissan Serena Mulai Terkuak

Top