Harga Kia Optima, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga KIA Optima dan Spesifikasi – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa persaingan industri otomotif saat ini semakin ketat dan memanas, terutama di kancah pasar otomotif Indonesia. Tak ketinggalan juga, brand KIA yang merupakan produsen mobil terkenal asal Korea Selatan pun belum lama ini diberitakan secara resmi telah meluncurkan sebuah mobil baru pada segmen sedan yang dibekali dengan teknologi canggih serta tampilan yang begitu mewah, yaitu KIA Optima. Mobil garapan KIA tersebut sebenarnya sudah diluncurkan di bulan April 2015 lalu pada ajang New York Auto Show. Pada ajang tersebut, KIA menampilkan sebuah konsep teranyar varian terbarunya yakni KIA Optima tersebut dengan berbekal mesin gahar dan memberikan kesan yang lebih elegan. Kehadiran KIA ini tentunya semakin memanaskan posisi Honda, Toyota maupun Mitsubishi ataupun brand mobil lain yang senantiasa menelurkan beragam mobil baru dengan spesifikasi yang mumpuni. Tentu, kehadiran KIA Optima memliki harapan mampu memberikan dominasi yang kuat dari branding-branding yang kerap beredar di Indonesia.

kia optima

Kia Optima

KIA Optima terbaru yang diluncurkan tahun 2016 ini memang jelas didesain dengan menampilkan sisi kemewahan, mulai dari eksteriornya dengan memperlihatkan warna yang begitu memukau dan beberapa tambahan serta berbekal mesin yang berteknologi canggih. Diawali dari sektor eksteriornya, KIA Optima dirancang dengan mengusung konsep Fascia dengan grille yang lebih slim. Selain itu air intake dibuat tampak lebih mencolok dan lampu utama yang tampil begitu elegan. Belum lagi pada kabinnya yang dibuat dari material yang berkualitas tinggi sehingga tampak lebih mulus dan istimewa. Tak sampai di situ saja, pengemudi maupun penumpang KIA Optima inipun akan dimanjakan dengan fitur hiburan seperti 6 speaker audio yang terhubung dengan Apple Car Play maupun Android sehingga akan semakin memanjakan penggunanya. Bahkan, fitur keselamatannya pun juga tak ketinggalan seperti Advance Smart Cruise Control dan Blind Spot Detector di mana keselamatan penumpangnya akan lebih terjamin. Selain itu, masih banyak lagi spesifikasi KIA Optima yang perlu dibahas. Oleh sebab itu, pada artikel ini Mas Sena akan mengulas secara lengkap mengenai spesifikasi dan harga KIA Optima. Yuk kita simak bersama.

mobil kia optima

Review KIA Optima

Eksterior

Desain Bodi Lebih Elegan dan Futuristik

Untuk mengawali pembahasan, pada sesi kali ini Mas Sena akan mengajak kawan semua untuk mengulas pada sektor eksterior dari spesifikasi KIA Optima. Pada bagian terluar dari mobil sedan ini, tampak sangat begitu menarik dan membuat orang penasaran. Pasalnya, pada tampilan dari bagian depan dari KIA Optima ini sangat jelas memperlihatkan kesan yang begitu elegan. Apalagi, front grille pada sedan ini pun didesain dengan simple berlapiskan chrome pada setiap sisinya sehingga ciri khas sedan Eropa pun makin terpancar dari mobil besutan KIA ini. Bahkan, tak ketinggalan juga emblem KIA pun juga ikut terpasang manis yang membuat identitas KIA semakin kuat. Selain itu, KIA Optima ini juga mengusung Head Lamp Project yang sudah menggunakan teknologi LED sehingga tak perlu ditanyakan lagi bahwa lampu tersebut akan menghasilkan cahaya yang lebih terang dan sangat membantu jarak pandang fokus pengemudi ketika berkendara di malam hari. Tak hanya itu, desain dari head lamp KIA Optima ini pun juga mengandalkan konsep desain teranyar dan lebih modern. Lalu, pada fog lampunya menggunakan tipe Fog Lamp LED juga yang akan menghasilkan cahaya sangat terang. Dengan adanya fog lamp LED tersebut tentunya akan mampu menembus kabut tebal atau pun hujan sekalipun sehingga pengemudinya akan semakin mudah dalam mengendarai mobil sedan garapan KIA ini. Desain fog lamp dari sedan ini pun juga sangat begitu elegan dengan Cover Fog Lamp yang berlapis chrome. Kemudian, menginjak pada bodi sampingnya, KIA Optima ini juga memperlihatkan kesan mewah dengan sedikit lekukan halus yang membuat mobil asal Korea Selatan ini makin mwah. Lalu, menginjak pada sektor belakangnya, KIA Optima ini mengandalkan Rear Lamp Combination LED yang memiliki kemampuan memancarkan cahaya lebih terang daan jernih sehingga akan membantu peengemudinya bisa meliht lebih jelas keadaan di balakang mobil. Desain yang diusung oleh KIA Optima inipun juga tak tertinggal dengan head lamp di mana pada rear lamp ini mengusung desain yang tampak lebih mewah dan elegan. Dengan mengetahui hal tesebut, tampaknya memang gaya desain yang diusung dalam spesifikasi KIA Optima ini mengusung konsep atau gaya rancang yang tampak lebih futuristik dan elegan.

spesifikasi kia optima

Interior

Sektor Interior Lebih Atraktif Lengkap dengan Fitur Canggih

Menginjak pada sesi berikutnya, kita akan mengulas pada bagian kabin dari spesifikasi KIA Optima ini. Memasuki bagian kabinnya, terlihat cukup longgar sehingga akan memberikan keleluasaan kepada para pengemudi maupun penumpangnya. Lalu, pada bagian dashboardnya KIA Optima ini mengusung sebuah dashboard yang tampil dengan kombinasi warna yang begitu istimewa di mana memadukan antara warna coklat muda dengan warna hitam yang semakin memperkuat nuansa kemewahannya. Tak hanya itu saja, pada bagian dashboard tersebut juga dilengkapi dengan speedometer yang didesain dengan bentuk yang begitu rapi dan cantik di mana pada speedometer tersebut pengemudi bisa mengetahui dan memantaui konsumsi bahan bakar, kecepatan, dan kapasitas oli dari KIA Optima dengan tampilan Supervision Cluster 4.3” TFT LCD. Selain itu, pada bagian setirnya pun mengusung tipe Rack & pinion, electric motor yang akan membuat pengemudinya merasa nyaman dalam mengemduikan mobil sedan tersebut. Tak sampai di situ saja, sebuah audio dengan beragam fitur pendung lainnya pun juga tak ketinggalan terpasang dengan manis pada bagian dashboard KIA Optima ini yang bisa digunakan untuk memutar beragam lagu favorti sehingga akan menemani setiap perjalanan pemiliknya. Kemudian, kelebihan lainnya juga terdapat pada sisi atapnya di mana KIA Optima ini juga sudah dibekali sebuah teknologi sun roof yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan di luar kabin secara langsung tanpa keluar dari mobil. Selain itu, kenyamanan penumpangnya pun juga akan didukung dengan jok yang dirancang dengaan bentuk yang cukup longgar sehingga mampu menampung hingga 4 penumpang. Tak sampai di situ saja, KIA Optima inipun juga dilengkapi dengan AC yang bisa diatur sedemikian rupa sehingga kondisi udara di dalam mobil akan tetap sejuk meskipun dalam cuaca panas. Melihat interior yang disajikan dalam spesifikasi KIA Optima tersebut, tampaknya memang mengusung sebuah gaya interior yang menakjubkan.

spesifikasi mobil kia optima

Dimensi

Dimensi Lebih Luas dan Suspensi yang Kokoh

separator

Setelah kita membahas secara mendalam mengenai sektor eksterior dan interiornya, pada sesi kali ini Mas Sena akan membahas mengenai ukuran dimensi dari spesifikasi KIA Optima ini. Langsung saja, untuk ukuran dimensinya, KIA Optima ini memiliki panjang 4.845 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.455 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 2.795 m. Dengan mengetahui ukuran dimensi tersebut, tentunya dapat disimpulkan bahwa KIA Optima ini merupakan sebuah mobil sedan yang memiliki ukuran yang cukup longgar. Selain itu, KIA Optima ini pun mengusung tipe bodi Steel Unibody with ISO-Structure Design yang tentunya akan mampu menopang sedan ini lebih kuat. Tak sampai di situ saja, KIA Optima ini juga memiliki ground clearance sekiar 134 mm yang membuat mobil ini terkesan sedikit ceper sehingga akan terlihat lebih sporty. Namun, dengan ukuran ground clearance tersebut, tampaknya sedan garapan KIA ini kurang cocok dikemudikan di medan yang berlubang dan penuh bebatuan. Tetapi, jangan khawatir pasalnya KIA Optima ini sudah dilengkapi dengan fitur suspensi pada bagian depan dan belakang di mana pada bagian depan mengandalkan suspensi Independent, MacPherson struts, coil springs, stabilizer bar dan pada bagian belakangnya mengusung tipe Independent, multi-link, coil springs, stabilizer bar yang siap menopang beban KIA Optima ini dengan kokoh. Bahkan, kekokohan dari KIA Optima ini akan semakin diperkuat dengan kehadiran velg Alloy wheel yang tersedia dalam berbagai varian, yaitu antara 16 inci hingga 18 inci. Lalu, untuk keselamatan, KIA Optima ini pun sudah dilengkapi dengan fitur pengereman yang berteknologi larger disc brake + Electronic Stability Control yang siap untuk mengurangi atau mengendalikan laju dari sedan ini. Jika diketahui secara keseluruhan, sepertinya memang dimensi yang ditawarkan dalam spesifikasi KIA Optima ini memiliki ukuran yang longgar dan disokong suspensi yang begitu kokoh serta didukung beragam fitur pendukung yang canggih.

review kia optima

Mesin

Ditenagai Tipe Mesin Theta II 2.4 MPI

Lanjut pada sesi berikutnya, saatnya kita mengulas pada sektor terpenting, yaitu bagian dapur pacu atau permesinan dari spesifikasi KIA Optima. Perlu diketahui bahwa mesin yang diusung KIA Optima ini mengandalkan mesin Theta 2.4 MPI yang memiliki kapasitas hingga 2.359 cc. Mesin tersebut memiliki kemampuan untuk menyemburkan tenaga sebesar 180 Ps pada titik putaran di 6.000 rpm. Sementara itu, untuk torsi maksimum yang mampu dimuntahkan KIA Optima ini mencapai 23.6 Nm pada posisi 4.000 rpm. Lalu, kekuatan mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi dengan 2 varian, yaitu 6-percepatan transmisi manual atau 6- percepatan transmisi otomatis. Sehingga, dengan disediakannya kedua varian tersebut, calon pembeli bisa memilih KIA Optima ini sesuai dengan keinginan calon konsumen. Di sisi lain, KIA Optima ini juga memiliki tangki bahan bakar yang berkapasitas hingga 70 liter dengan perbandingan kompresi ruang mesin pada angka 11.3 : 1. Melihat spesifikasi KIA Optima tersebut, bisa dikatakan mampu melesatkannya secara luar biasa di jalanan.

Fitur

Dilengkapi Keselamatan dan Keamanan yang Canggih

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan terakhir dari spesifikasi KIA Optima. Pada pembahasan terkahir ini, Mas Sena akan mengulas secara lengkap mengenai fitur-itur keselamatan maupun kemanan yang dimiliki KIA Optima. Pada mobil sedan besutaan KIA ini, ada 3 fitur utama yang diusung dengan mengunakan teknologi canggih, yaitu Rear View Camera di mana fitur ini akan sangat membantu dan mempermudah bagi pengendaranya untuk mengemudikan mobil ini ketika berjalan mundur. Terutama akan sangat membantu bagi konsumen yang yang baru belajar mengemduikan sebuah mobil. Selain itu, KIA Optima ini juga sudah dilengkapi fitur ESC (Eletronic Stability Control) yang akan sangat membantu ketika dalam situasi pengereman mendadak dan mengatur torsi mesin serta menerapkan gaya pengereman ke setiap roda untuk memperlambat laju mobil yang dikemudikan. Tak sampai di situ saja, KIA Optima ini juga didukung dengan fitur kleselamatan berupa sistem pengereman Disc Brake yang cukup lebar berupa rem cakram yang berukuran hingga 17 inci yang mampu memberikan pengereman yang kuat. Dengan mengetahui ketiga fitur utama tersebut, bisa disimpulkan bahwa spesifikasi KIA Optima ini sudah didukung fitur pendukung yang lengkap, aman, dan tentunya lebih menjamin keselamatan dan kemanan.

Video KIA Optima

Berikut ini adalah official video KIA Optima yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil KIA ini:

Spesifikasi KIA Optima

Dimensi
p x l x t 4,845 x 1,830 x 1,455mm
Jarak Ke Tanah 134 mm
Ukuran Roda 16” hingga 18 ”
Suspensi Depan MacPherson Strut, with Stabilizer Bar
Suspensi Belakang Multi-link
Mesin
Tipe Theta Ⅱ 2.4 MPI Engine
Tenaga Maksimal 180/6,000
Torsi Maksimal 23.6/4,000
Transmisi AT/MT
Tangki BBM 70 l
Eksterior
Headlamp Projector Beam Headlights
Velg Alloy
Interior
Kapasitas Kursi 5
AC With Auto Defogging System
Speedometer Supervision Cluster
Entertainment 4.3 inci TFT LCD
Keamanan dan Keselamatan
Sistem Rem 17 inci Disc Brake

Harga KIA Optima

Setelah kita mengulas mengenai spesifikasi dari KIA Optima, akhirnya sampaikan kita pada pembahasan mengenai harga KIA Optima. Akan tetapi, sebelum jauh mengulas tentang harga, Mas Sena ingin sedikit memberikan kesimpulan dari pembahasan mengenai spesifikasi KIA Optima. Mobil sedan besutan KIA ini memang memiliki kelebihan dalam hal desain eksterior, interior maupun mesinnya. Pasalnya, jika dilihat dari bentuk desainnya sendiri sudah memancarkan aura kemewahan yang begitu kuat. Belum lagi jika menilik pada sektor interior KIA Optima ini yang memiliki ukuran cukup luas di mana sudah dilengkapi dengan beragam fitur pendukung menarik lainnya. Bisa dikatakan, dari sisi penampilannya pun sudah terlihat bahwa harga KIA Optima ini tak mungkin berada pada kasta biasa saja. Bahkan, untuk mesinnya pun tak perlu diragukan lagi mengingat dengan mengusung tipe mesin Theta II 2.4 MPI tentunya akan memberikan performa mesin yang begitu gahar dan maksimal. Namun, KIA Optima juga memiliki kelemahan pada segi dimensinya di mana sedan ini memiliki ketinggian ground clearance yang tak terlalu tinggi sehingga mobil ini kurang cocok dikendarai di medan jalan yang penuh lubang dan bebatuan. Lantas, dengan kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki KIA Optima tersebut, kira-kira berapa ya harga KIA Optima?

harga kia optima

harga kia optima terbaru

Jika berbicara mengenai harga KIA Optima ini, perlu diketahui bahwa di luar negeri, KIA Optima ini tersedia dalam 3 varian yaitu Tipe 2.4 L, 1.6 L Turbo, dan 2.0 L Turbo di mana masing-masing tipe tersebut memiliki banderol harga KIA Optima yang berbeda karena memiliki mesin dengan segmen berbeda. Sayangnya, menurut informasi yang beredar, KIA Indonesia hanya akan memasarkan KIA Optima bertipe mesin Theta II 2.4 L MPI. Beredarnya satu jenis mesin  tersebut membuat harga KIA Optima 2016 ini juga pada tataran satu jenis saja. Walaupun demikian, memang tak dapat dipungkiri adanya fluktuasi harga di lapangan memang membuat banderol nampak berbeda. Namun, berdasarkan informasi yang diperoleh dari para intelijen Mas Sena, harga KIA Optima ini dapatlah dikatakan masuk dalam angka Rp 500 jutaan.

Harga KIA Optima

Tipe Harga
KIA Optima A/T Rp 512.000.000,-
KIA Optima M/T Rp 500.000.000,- (Perkiraan)
  • Harga mobil KIA Optima diatas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga KIA Optima

Perlu diketahui sekali lagi bahwa harga KIA Optima tersebut merupakan harga generalisasi yang dirangkum dari berbagai sumber. Tentunya, generalisasi tersebut bukan isapan jempol semata. Pasalnya banderol harga KIA Optima tersebut merupakan hasil penelaahan yang juga telah disesuaikan dengan spesifikasi yang diusung. Sebab, dengan melihat spesifikasi yang diusungnya, tampaknya harga KIA Optima tersebut sudah cukup sesuai dan cocok. Namun, jika dibandingkan dengan sedan dari brand lain, seperti Honda Civic atau pun Toyoa Corolla, tampaknya KIA Optima mau tak mau harus bersaing dengan  kedua sedan garapan pabrikan asal Jepang tersebut yanf  sudah sangat terkenal jika dibandingkan KIA. Akan tetapi, semuanya tergantung dari selera setiap konsumen. Demikian pembahasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga KIA Optima yang Mas Sena sajikan. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Baca juga Suzuki Ciaz dan Ford Focus.

Top