Skandal Belum Tuntas! VW Siap Hengkang dari Korea Selatan

Diduga Palsukan Dokumen Tes Emisi, VW Terancam Angkat Kaki dari Korsel – Setelah kasus skandal emisi yang terjadi sejak akhir tahun 2015 lalu dan mengakibatkan kerugian besar, nampaknya kasus ini masih belum selesai dan dampaknya justru semakin banyak. Pasalnya, baru-baru ini juga terdengar bahwa Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan (Korsel) dikatakan bakal membuat keputusan pada akhir bulan ini terkait kasus dari Volkswagen.

diduga palsukan dokumen tes emisi vw terancam angkat kaki dari korsel

Informasi yang bersumber dari Reuters dan dilansir melalui KompasOtomotif, Selasa (12/07/2016) mengatakan bahwa Volkswagen di Korsel saat ini tengah dalam masa krisis. Pemerintah mengajukan tuduhan bahwa pabrikan kendaraan asal Jerman tersebut telah memalsukan dokumen tes emisi dan kebisingan.

Kabarnya, keputusan yang akan diturunkan menurut Yoon Seong-Kyu selaku Menteri Lingkungan Hidup Korsel adalah berisi apakah nantinya dokumen Volkswagen yang diduga palsu tersebut akan dicabut.

Kasus ini mulai dicurigai pada awal tahun 2016. Pada saat itu, jaksa meminta dilakukan investigasi secara lokal setelah terungkapnya kasus skandal emisi di Amerika Serikat pada September 2015 lalu.

Rupanya, setelah dilakukan investigasi selama lima bulan di dalam negeri, hasilnya terbukti bahwa VW juga meletakan sistem kontrol emisi pada 32 model yang dipasarkan di Korea Selatan. Model-model tersebut meliputi merek Volkswagen, Audi dan Bentley. Beberapa model di dalamnya termasuk model Golf 1.4 TSI, Golf 2.0 GTD, Audi RS7 dan juga Audi A8. Dalam menangani hal ini, konsumen juga telah melakukan aksi melalui jalur hukum, hanya saja ternyata VW menolak untuk memberi ganti rugi.

Belum cukup dengan bukti tersebut, rupanya pada bulan lalu salah satu eksekutif VW Korsel juga ditangkap atas perintah pengadilan akibat keterlibatannya dalam pemalsuan dokumen. Akhirnya penangkapan tersebut semakin menguatkan bahwa Volkswagen memang bersalah.

Jika nantinya pemerintah benar-benar mencabut dokumen, maka penjualan Volkswagen di Korea Selatan dipastikan berhenti. Untuk diketahui, saat ini sebanyak 27 dari 32 model dijual di Korea Selatan. Bisa dibayangkan sebanyak apa kerugian yang harus ditanggung perusahaan?

Dalam hal ini, diketahui bahwa wakil lokal dari Volkswagen dan Audi di Korea Selatan telah menyatakan bahwa akan menunggu keputusan menteri sambil tetap mempersiapkan strategi, jika diperlukan juga akan menempuh jalur hukum. Baca juga Skandal Emisi VW Group Masih Terus Berbuntut dan Target Penjualan 10 Juta Unit Gagal  Akibat  Hantaman Skandal Emisi

Top