Perkawinan Mazda-Isuzu Lahirkan Pikap Baru dari Thailand

Pikap Baru Mazda Lahir dari Pabrikan Thailand – Sebelumnya pada Senin, 11 Juli lalu telah diumumkan bahwa kerja sama antara Mazda dan Isuzu dalam pengembangan pikap generasi baru. Kerja sama ini, dikatakan akan mengubah skema produksi di Thailand. Nantinya, produk pikap terbaru yang hingga saat ini belum diketahui namanya itu akan dilahirkan dari pabrikan Isuzu.

pikap baru mazda lahir dari pabrikan thailand

Sejauh ini, seperti yang kita ketahui bahw satu-satunya produk pikap produksi Mazda adalah BT-50. Mobil pikap satu-satunya ini diproduksi massal di pabrikan Rayong, Thailand bersamaan dengan produksi dari Mazda2, Mazda3 dan crossover CX3. Pabrikan ini adalah sebuah rumah produksi yang dioperasikan oleh perusahaan joint venture Mazda dengan Ford, AutoAlliance. Itulah yang melatarbelakangi model Ford yang telah berbagi arsitektur dengan BT-50, pikap ranger dan SUV Everest juga ikut diproduksi di pabrik yang sama.

Presiden Mazda Thailand, Hidesuke Takesue seperti yang dirangkum dari KompasOtomotif, Jumat (15/07/2016) mengatakan bahwa AutoAlliance tidak akan lagi memproduksi pikap generasi terbaru Mazda. Kabarnya, untuk strategi jangka panjangnya, AutoAlliance nantinya hanya akan memproduksi khusus mobil penumpang Mazda saja.

“Rincian lebih lanjut akan ditentukan, tapi saya yakin kerja sama ini akan membuat pikap Mazda lebih sukses di pasaran global. termasuk Thailnad,” Ungkap Takesuke.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa kolaborasi antara Mazda dan Ford sendiri telah berjalan selama 45 tahun tidak berakhir, hanya saja berubah haluan. AutoAlliance tetap akan melakukan proses produksi dari Ranger dan Everest, hanya saja tidak disebutkan sampai jangka waktu kapan.

Seperti kita ketahui, selama ini Isuzu juga merupakan produsen kendaraan niaga yang cukup terkenal ketangguhannya. Untuk itu, jika dikolaborasikan dengan Mazda untuk segmen pikap tentunya akan sangat menguntungkan bagi kedua pihak.

Sejauh ini memang masih belum diungkap apa nama dan bagaimana konsep dari pikap ternaru yang akan diproduksi di Thailand itu. Namun, jika melihat kerja sama keduanya kemungkinan kendaraan hasil perkawinan tersebut akan menjadi terobosan baru yang akan memasuki persaingan di segmen kendaraan pikap. Mungkin saja akan datang sebagai pesaing dari Nissan dan Mitsubishi yang telah populer untuk segmen kendaraan sejenis. Baca juga Hyundai Baru Akan Memproduksi Masal Pikap Barunya Setelah 2020 dan All New Toyota Hilux Terbaru Dirilis dengan Spesifikasi Tangguh 

Top