GM Nyaris Kolaps di Bulan Ke-7 Tahun ini!

Salah Satu Perusahaan Pemasok Komponen Utama Bangkrut, GM Nyaris Ikut Ambruk – Awal bulan ke-7 tahun 2016 ini adalah masa sulit bagi General Motors (GM) yang terancam kolaps. Hal ini bukan karena penjualan yang merosot, namun diakibatkan oleh salah satu perusahaan pemasok komponen utama Clark Cutler McDermott (CCM) mengalami kebangkrutan. Diketahui, CCM telah mengajukan perlindungan kebangkrutan (Chapter 11) atau disebut bailout oleh Pemerintah Amerika Serikat.

salah satu perusahaan pemasok komponen utama bangkrut gm nyaris ikut ambruk

Situasi ini, dikatakan bakal memberi dampak negatif pada kinerja produksi GM di negara asalnya, yang merupakan salah satu dari pasar utama di dunia. Namun, rupanya entah bagaimana caranya, di detik-detik terakhir perusahaan automotif asal Amerika Serikat ini sanggup menyelamatkan diri.

Advertisement

Dari informasi yang dirangkum melalui KompasOtomotif, Sabtu (16/07/2016) dikatakan bahwa CCM yang berlokasi di Frankling Massachusetts adalah perusahaan penyuplai komponen penyekat, trim, dan juga tekstil interior. GM sendiri merupakan konsumen terbesar. Namun, dikatakan sejak tahun 2013 silam, pendapatan dari komponen-komponen tersebut semakin menurun hingga ke tahun-tahun berikutnya. Hal ini menyebabkan CCM mengalami kerugian berangsur hingga mencapai 30.000 dollar AS atau setara dengan Rp392 juta per harinya. Hingga saat ini, kerugian yang ditanggung telah menumpuk hingga sebesar 12 juta dollar AS atau setara dengan 157 miliar.

Yang membuat GM nyaris ikut ambruk, perusahaan automotif ini tidak memiliki pemasok lain untuk produksi mobil di AS, bahkan untuk Meksiko dan Kanada pun ikut berhenti. Hal ini seperti yang diungkap Detroit Free Press yang mengatakan bahwa GM bisa mengalami kerugian jutaan dollar per hari akibat CCM bangkrut.

Dalam kesempatannya, Hakim Kepailitan AS, Christoper Panos berkomentar bahwa perkara ini membuktikan bahwa pemasok kecilpun bisa mengganggu salah satu raksasa otomotif di Amerika Serikat. Namun, dalam diskusi yang digelar sebelum Panos menentukan langkah berikutnya, GM akhirnya telah memutuskan untuk mengklaim peralatan dan barang gudang milik CCM.

Artinya, langkah GM untuk menyelamatkan diri dalam mengantisipasi resiko kebangkrutan adalah dengan mengambil kepemilikan atas perkakas dan mendapatkan hak untuk membeli semua produk persediaan milik CCM. Namun, untuk ke depannya perusahaan hendak mempersiapkan pemasok lain agar proses produksi tetap berjalan lancar. Baca juga Fitur Audio Tak Berfungsi dengan Baik, GM Lakukan Perbaikan Massal Tiga Merek Kendaraannya dan General Motors Berhasil Menjual 2,36 Juta Kendaraan Selama 4 Bulan Pertama di Tahun 2016

Top