Dampak Serius Ulah VW Di AS

BMW Curhat, Izin Produksi Terhambat Di AS – Ulah skandal yang dilakukan oleh VW tentu membuat para pakar meramalkan kejatuhan bisnisnya walaupun tak banyak. Namun, melihat kabar yang beredar, nampaknya kejatuhan VW tak begitu ekstrim sebagaimana Mitsubishi yang terpaksa menyerahkan dirinya pada Nissan. Parahnya lagi, skandal yang dilakuakn VW pada produknya kali ini malah diberitakan ikut berdampak pada produsen mobil lainnya.

dampak serius ulah vw di as

Diberitakan melalui Kompas (19/7/2016), skandal yang dilakukan VW membuat Otoritas Amerika Serikat merasa kecolongan. Reaksi wajar dari kecolongan tersebut tentunya diaplikasikan degan memperketat aturan mobil diesal yang mereka miliki. Alhasil, dengan pengetatan tersebut, semua produsen mobil yang baru akan mengajukan izin produksi mobilnya hingga dapat diperjualbelikan secara umum juga ikut tercekik.

Salah satu pemain lama yang mengaku ikut mendapatkan cekikan ini adalah BMW. Menurut sumber yang sama, deretan produk berjenbis diesel garapannya akhirnya mengalami penundaan. Padahal deretan produk tersbeut merupakan cita-cita tahun 2017. Jika melihat kondisi ini ditambah telah lewatnya satu semester di tahun ini, nampaknya cita-cita tersebut bakal gagal total di tahun depan.

Hector Arellan-Belloc, salah satu sumber yang mengatasnamakan BMW menyatakan bahwa Otoritas AS memang berubah sikap semenjak skandal tersebut. Alhasil, memang waktu yang dibutuhkan untuk penyertifikasian mobil diesel agar sesuai standar akan menjadi lebih lama daripada biasanya. Menurutnya pula, hal ini tidak hanya menimpa BMW saja melainkan juga dialami oleh produsen-produsen otomotif lainnya.

separator

Klaim tersebut dinyatakan sebagai usaha menampik adanya kecurangan yang dilakukan BMW sehingga menyebabkan otoritas terkait menjadi lamban dalam melakukan tugasnya. Hal yang jelas, semua produsen otomotif untuk produk-produk terbaru bernapaskan diesel tak akan mulai berproduksi hingga sertifikasi yang lamban itupun selesai.

Di Amerika Serikat, model BMW yang punya pilihan diesel saat ini yaitu sedan Seri 3 dan Seri 5 serta SUV X3 dan X5. Jika melihat variasi tersebut, setidaknya porsi penjualan diesel BMW tidak begitu besar, hanya enam persen dari total hasil setahun. Besar kemungkinan kejadian ini akan menghambat bisnis BMW dan tentunya para vendor lain di Amerika Serikat. Baca juga Model kasta tertinggi BMW Seri 7 dan Edisi Baru BMW Seri 3 Tertangkap Kamera Uji Sirkuit.

Top