BMW Seri 1 Memilih Cina

BMW Imut Diproduksi Di Cina – Kelas mewah BMW memang tak pernah bisa dipungkiri oleh siapapun juga. Masalahnya, selain memang asli dari Barat, kualitas yang diusung pun tak main-main membawa dunia barat menjadi kiblat mobil premium berkualitas super. Namun nampaknya, hingga saat ini negara yang menerapkan biaya indutri termurah adalah Cina. Maka tak heran, banyak pemain raksasa yang menempatkan basis produksinya di negara Tirai Bambu ini.

bmw seri 1 memilih cina

Saking murahnya ongkos produksi di Cina, akhirnya gengsi antara Barat-Timur memang wajib dihilangkan. Hal ini tentunya memiliki dampak positif pada kedua belah pihak. Menariknya, kali ini BMW bukan lagi membuat Cina sebagai salah satu basis produksinya, melainkan memberikan produk eksklusif untuk negeri Panda tersebut.

Dilansir dari Kompas (19/7/2016), BMW memberikan produk eksklusifnya yakni BMW Seri 1 untuk dibuat dan di pasarkan di negara tersebut. Tentu hal ini menjadi kejutan yang luar biasa. Pasalnya, BMW Seri 1 dikenal sebagai varian BMW terkecil yang pernah ditelurkan oleh BMW. Praktis, posisi BMW Seri 3 sebagai sedan terimut BMW akan segera terusir melalui produk eksklusif Cina ini.

Walaupun demikian, bau-bau BMW Seri 1 sebenarnya sudah mulai tercium dari agenda Guangzhou 2015 di China. Namun, realisasi bau tersebut nampaknya memang baru dicetuskan akhir-akhir ini saja. Menariknya lagi, BMW Seri 1 tak akan dijual sendirian. Pasalnya masih ada SUV X1 dan Seri 2 Active Tourer yang akan menemani kiprahnya di dunia otomotif Cina. Berbicara masalah spesifikasi Sedan Seri 1 menggunakan basis patform “UKL”, berpenggerak roda depan yang juga digunakan pada Seri 2 Active Tourer.

separator

Selain hal tersebut di atas, masih belum terdengar adanya bocoran mengenai mobil ini lebih banyak. Namun, jika melihat rekan BMW di Cina, Brilliance Auto, nampaknya mesin yang digunakan akan berjenis 3 atau 4 silinder. Hal ini didapatkan melalui prediksi berdasarkan mesin yang digunakan oleh Seri 2 Active Tourer.

Walaupun BMW Seri 1 ini rencananya akan dilepaskan ke belantara pasar pekan depan, sayangnya hingga saat ini BMW belum menyatakan niat akan membuat sedan yang sama untuk pasar global. Nmaun kabarnya, BMW akan segera membuat Seri 2 yang akan mengisi segmen imut di bawah seri 3 untuk pasaran di luar Cina. Baca juga Edisi Baru BMW Seri 3 Tertangkap Kamera Uji Sirkuit dan BMW X3 Blackout Edition Hadir Lebih Macho.

Top