Toyota “Recall” Empat Model di Indonesia, Sebabnya?

Lakukan Aksi Special Service Campaign, Toyota Lakukan Perbaikan Massal di Indonesia – Kabar terbaru bergukir dari PT Toyota Astra Motor (TAM) yang telah mnegumumkan perbaikan massal (recall) terhadap empat model andalannya di Indonesia. Jika mendengar istilah ‘recall’, banyak diantaranya pasti akan berpikir pada sebuah kerusakan atau ketidaksempurnaan komponen pada sebuah kendaraan. Namun, rupanya pengumuman recall bukan karena mepat model Toyota tersebut cacat, namun memang hal ini merupakan sebuah akselerasi dari program khusus.

lakukan aksi special service campaign toyota lakukan perbaikan massal di indonesia

Program yang dinamai dengan Special Service Campaign (SSC) ini diluncurkan di Sunter, Jakarta Utara, pada Senin tanggal 18 Juli 2016 kemarin. Meski belum ada laporan mengenai masalah pada komponennya, namun Toyota tetap mengumumkan recall terhadap model-model yang terindikasi masalah.

Advertisement

Dalam program ini, setidaknya ada empat model yang diduga bermasalah pada komponen kantong udara (airbag) yang dipasok oleh produsen Takata, produsen airbag terbesar di Jepang. Recall untuk kendaraan Toyota ini jumlahnya tidak main-main. Totalnya ada 40.280 unit yang telah terjual di seluruh Indonesia.

Sebetulnya, aksi ini bukan yang pertama dilakukan oleh produsen kendaraan yang menjual produknya di Indonesia. Toyota bahkan dikatakan kalah cepat, karena pada Februari 2016 lalu, Honda telah lebih dahulu melakukan aksi recall massal yang disebabkan oleh masalah serupa.

Dalam kesempatannya, seperti yang dirangkum dari KompasOtomotif, Selasa (19/07/2016) dikatakan bahwa Henry Tanoto selaku Wakil Presiden Direktur PT TAM telah menjelaskan bahwa untuk kendaraan atau lebih tepatnya mobil yang bermasalah adalah Camry, Corolla, Vios dan juga Yaris. Untuk tahun produksinya sendiri merupakan model dari tahun 2001 hingga tahun 2008.

“Dalam kampanye ini kami tidak hanya sekedar mengundang pelanggan untuk memastikan mobilnya dalam kondisi prima, tetapi poin utama kami berusaha untuk memantau secara berkelanjutan kondisi mobil dan memberikan kenyamanan pengguna,” Ungkap Henry.

Sementara itu, Henry lalu melanjutkan, bahwa menurut pemaparannya, langkah ini merupakan sebuah intruksi dari prinsipal (Toyota Motor Corporation/TMC). Di mana mereka meminta pada seluruh distributor untuk melakukan adanya program SSC.

Menurut Dadi Hendriadi selaku General Manager Technical Service PT TAM juga berharap agar bagi seluruh konsumen untuk bisa segera menghubungi diler terdekat dan segera mengatur jadwal untuk melakukan perbaikan. Untuk pengaturan jadwal sendiri, bisa dilakukan dengan dua cara yaitu melalui customer care yang bisa dihubungi di nomor 1-500-315 atau dengan mengunjungi situs resmi toyota.astra.co.id. Baca juga Bukan Skandal Emisi, Mitsubishi Recall Banyak di Australia dan Masalah Takata Belum Usai Sampai Di sini

Top