Proton Ertiga Siap Meluncur ke Malaysia

CKD Ertiga dari Indonesia ke Malaysia Tinggal Menunggu Pesanan – Beberapa waktu lalu, diinformasikan bahwa Suzuki Ertiga bakal diekspor ke Malaysia dengan nama Proton Ertiga. Meski masih belum diungkap secara pasti apa nama kendaraan tersebut, yang lebih penting adalah kabar yang baru saja beredar. Nah, kali ini pabrik Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat telah siap memenuhi pesanan ekspor secara Completely Knock Down (CKD) Ertiga untuk terbang ke Malaysia atas permintaan Proton. Untuk prosesnya sendiri, telah siap semua tinggal menunggu pemesana unit kendaraan tersebut dari Malaysia.

ckd ertiga dari indonesia ke malaysia tinggal menunggu pesanan

Diketahui, sejak bulan Juni tahun lalu Suzuki dan Proton telah sepakat menandatangai nota kesepahaman yang akan membuka peluang dari kelahiran model baru untuk merek nasional Malaysia tersebut. Lantas, setelah itu terhitung sejak Januari 2016, SIS telah mengumumkan akan menjadi pihak yang memenuhi permintaan ekspor CKD Ertiga ke Proton. Informasi ini seperti yang dirangkum dari KompasOtomotif, Rabu (20/07/2016).

“Jadi sudah ada kemajuan. Cuma kami sekarang menunggu konfirmasi order dari Malaysia. Konfirmasinya dalam minggu depan,” Ungkap Davy Jeffry Tuilan, selaku Wakil Direktur Pelaksana SIS.

Advertisement

Pihaknya lalu mengungkapkan bahwa melakukan ekspor dalam bentuk terurai adalah yang pertama kali dilakukan oleh SIS. Selama ini, perusahaan mengirimkan unit kendaraan MPV dengan kapasitas 7 penumpang ini dilakukan secara utuh (Completely Built Up/CBU) ke berbagai negara seperti Filipina, Thailand, dan Vietnam. Jumlah pengiriman rata-rata adalah sekitar 800 hingga 1000 unit setiap bulannya.

Untuk Suzuki Ertiga yang dijual di Malaysia, rencananya akan membawa nama Proton di Malaysia. Artinya, bukan lagi bernama Suzuki Ertiga, namun bernama Proton Ertiga. Namun, nama tersebut masih berpa spekulasi dari publik. Untuk secara resminya, nama  produksi untuk kendaraan tersebut masih belum diketahui secara pasti.

CEO Proton, Datuk Ahman Fuaad Kenali pernah mengungkapkan bahwa peluncurannya akan dilakukan di Malaysia pada Oktober 2016 mendatang. Untuk itu, seputar nama produksi, spesifikasi hingga harganya masih belum dikonfirmasi. Beberapa hal terkait kendaraan tersebut, tentu baru akan mulai dibocorkan menjelang peluncuran.

Proton sendiri, menargetkan Ertiga ini akan mencapai penjualan hingga 1.500 unit perbulan. Baca juga Ekspor Secara Completely Knock Down ke Malaysia, Suzuki Ertiga Buatan Indonesia Dijual Sebagai Proton dan Hasil Kawin Silang Ertiga x Proton Segera Hadir

Top