FBI Selidiki Fiat Chrysler

Fiat Chrysler Ikut Tersandung Masalah Hukum – Nampaknya dalam dasawarsa ini perusahaan otomotif menjadi bulan0bulanan otoritas setempat. Pasalnya, bisa dibilang kasus yang terjadi antara perusahaan otomotif kelas dunia dengan otoritas setempat terkait masalah hukum bisa dibilang muncul dalam hitungan yang tak wajar. Meskipun demikian, otoritas setempat tak bisa dibilang main-main. Pasalnya, dari sekian temuan yang ada semuanya dapat dibuktikan pelanggarannya.

fbi selidiki fiat chrysler

Sebut saja masalah skandal emisi, kegagalan fungsi produk, hingga praktik recall sudah menjadi bahan makanan media sehari-hari. Hal ini tentunya menjadi pertanyaan besar apa yang sebenarnya terjadi pada perusahaan-perusahaan raksasa otomotif di dunia. Apalagi, berdasarkan hasil investigasi, temuan-temuan yang dihasilkan menyangkut perbuatan yang patut dipersalahkan yang telah dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Itu artinya, perlu ada penyelidikan mendalam terhadap perusahaan-perusahaan otomotif di dunia.

Kali ini, diberitakan melalui Kompas (20/7/2016), Fiat Chrysler menjadi bulan-bulanan pemberitaan karena sedang dalam proses penyelidikan oleh FBI. Kasus ini tentunya menjadi hal yang mengagetkan untu dialami oleh Perusahaan Fiat di Amerika Serikat ini. Pasalnya, tak akan ada yang menyangka jika perusahaan ini akan berurusan dengan otoritas setingkat FBI.

Sayangnya, secara resmi, FBI belum memublikasi kesalahan apa yang dilakukan oleh Fiat Chrysler. Menurut sumber yang sama, kesalahaan Fiat ditengarai adanya eror pada laporan penjualan yang mereka laporkan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Amerika Serikat. Karenanya, investigasi dilakukan oleh FBI dan Securities and Exchange Commission pada kantor-kanotr Fiat Chrysler yang tersebar di Amerika Serikat seperti di Orlando, Florida, Dallas, Texas, dan California.

Masih berdasarkan sumber yang sama, Fiat Chrysler menyatakan secara resmi telah bekerja sama dengan SEC terkait laporan penjualan ritel tahunan di Amerika Serikat dan pernyataan finansial dalam tempo per kuartal. Menariknya, laporan yang diberikan oleh Fiat atas penjualannya bukan berdasarkan laporan penjualan unit kendaraan ke konsumen akhir, melainkan berdasarkan catatan pendapatan FCA berdasarkan pengiriman ke diler dan konsumen.

Jika dilihat kasus sengketanya, rasanya turunnya FBI ke ranah ini bisa dikatakan bukan masalah sepele bagi Fiat. Atau setidaknya, Fiat Chrysler dituduh bersengketa dengan banyak negara bagian di Amerika Serikat. Baca juga Crossover Fiat 500X tertunda Masuk Indonesia dan Fiat Diselidiki Karna Masalah Emisi.

Top