Mobil Otonomos Dilarang di China?

Khawatir dengan Keselamatan Jalan Raya, China Larang Teknologi Otonomos – China, yang tak lain adalah negara dengan angka penjualan mobil terbesar di dunia, rupanya merasa khawatir dengan dampak yang kemungkinan bisa disebabkan oleh teknologi otonomos untuk keselamatan jalan raya. Dalam hal ini, Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China tengah merancang peraturan pemerintah terkait uji coba mobil tanpa sopir ini di jalan raya.

khawatir dengan keselamatan jalan raya china larang teknologi otonomos

Berdasarkan informasi Automotive News Europe yang dirangkum dari KompasOtomotif, Kamis (21/07/2016) memberitahukan bahwa semua produsen otonomos tersebut dilarang untuk menguji kendaraan di jalanan. Peraturan ini berlaku sebelum peraturan secara resminya dirilis.

Pada sebuah pertemuan di Beijing, She Weizen selaku kepala departemen otomotif kementerian tersebut telah mengungkapkan bahwa draft dari peraturan telah dibuat. Kendati demikian, pihaknya tidak mengatakan kapan peraturan tersebut akan ditetapkan secara masal.

Pernyataan yang disebutkan oleh kementerian memang secara tidak langsung mendorong bagi para produsen untuk membuat teknologi mobil otonomos yang aman. Untuk itulah, sebetulnya dari pernyataan tersebut bisa dikatakan, di China bukannya melarang kendaraan otonomos, hanya saja para produsen dihimbau untuk memproduksi mobil tanpa sopir tersebut yang menjamin dan mengutamakan sisi keamanan, baik bagi penumpang, pejalan kaki, maupun pengguna jalan lainnya.

separator

Sebagai informasi, salah satu pabrikan lokal bernama Chongqing Changan Automobile, telah menyelesaikan sebantyak 1.900 km pengetesan mobil yang dapat disetting dalam mode tanpa sopir atau otonomos, sehingga mobil bisa jalan sendiri tanpa dikendalikan drivernya. Pengetesan tersebut dilakukan pada bulan April lalu.

Bukan itu saja, bahkan perusahaan Zeijang Geely Holding Group juga telah menguji kendaraan otonomos atas hasil kerja samanya dengan perusahaan internet Baidu.

Melihat hal ini, apakah nantinya produsen-produsen yang telah melakukan pengujian akan diminta untuk melakukan pengujian ulang setelah peraturan resmi diturunkan? Sejauh ini belum ada informasi lanjutan yang disampaikan. Yang jelas semua produsen yang tengah dalam proses pengerjaan proyek mobil otonom, saat ini diminta untuk mengunggu. Tidak diperkenankan melakukan uji jalan terhadap mobil berteknologi otonomos tersebut. Baca juga Otonomos Alami Kecelakaan, Masa Depannya Terancam dan Honda Mortor Co Resmi Merilis Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

Top