Dalam Waktu 27 Jam Satu Prodak Sienta Lahir

Mulai juni lalu Sienta telah ditambahkan menjadi salah satu model baru oleh pabrik Toyota – sebelumnya pabrik ini hanya melahirkan mobil dengan model Etios Valco, Vios, Limo dan Yaris. Dengan ditambahkannya model baru pabrik ini saat ini sudah mulai sibuk dengan produksinya.

mulai juni lalu sienta telah ditambahkan menjadi salah satu model baru oleh pabrik toyota

Produksi Sienta saat ini dipatok 4000 unit per bulan atau jika dihitung sampai akhir tahun totalnya mencapai 24.000 unit. perhitungan tersebut mulai dari Januari- Juni. Produksi keempat mobil tersebut mendekati 40.000 unit atau sekitar 6.000 unit perbulannya. Keempat tedahulunya Sienta merupakan model dengan dua baris penumpang, TMMIN saat ini sudah memodifikasi jalur produksi agar Sienta juga bisa memakai jalur produksi yang sama. Seluruh penyesuaian peralatan dari sumber daya manusia merupakan bagian dari investasi Rp 2,5 triliun yang saat ini sudah di glontarkan TMMIN.

Nandi Julianto Direktur Karawang Plant TMMIN memaparkan bahwa pada awal awal produksi takt time (satu proses pembuatan satu unit mobil) itu hanya selama 2,8 menit atah hanya 169 detik saja. Jika di hitung pembuatan sienta dari hanya dalam bentuk lembaran sampai akhirnya peoduk tersebut jadi yaitu sienta hanya memerlukan waktu 27 jam saja.

“Takt time tergantung permintaan biasanya setiap bulan kami melakukan rapat dengan pihak marketing sehingga kami akan mengetahui permintaan dalam tiga bulan kedepan seperti apa. Biasanya permintaan tersebut berhubungan dengan over time dulu jika dirasa tidak cukup maka kami akan mengubar takt time tersebut ” ujar Nandi KompasOtomotif, Selasa (26/7/2016).

separator

Meskipun bagitu saat ini perbandingan meningkat menjadi 6:1 karena TMMIN ingin mengejar pemasaran unit Sienta yang sudah masuk sejak April lalu di Indonesia International Motor show.

Sienta sendiri di produksi dengan kompenen- kompenen dari dalam negri diantaranya kandungan lokal 80 persen terdiri dari 3.500 kompenen tersebar 1.500 kompenen diantaranya berasal dari pemasok dalam negri. Sejak kedatangan Sienta kedalam negri TMMIN meninggalkan jumlah pemasok lokal dari 107 perusahaan dan sekarang menjadi 139 perusahaan. Baca juga Empat negara ekspor Sienta yaitu Malaysia,Brunei, Thailand dan Singapura dan Sienta Racikan Jepang Berbeda dengan Buatan Anak Bangsa

 

Top