Setelah Indonesia, Honda CBR250RR Giliran Sambangi Jepang

Honda CBR250RR Siap Terbang ke Jepang – Baru-baru ini, Honda telah melakukan debut internasional dari CBR250RR di Tanah Air. Sepeda Motor Sport terbaru ini, memang melalukan debut dunia di Jakarta, pada Senin 25 Juli 2016 kemarin. Melakukan debut dunia di Indonesia tentu menjadi kebanggan tersendiri, terlbeih lagi Honda menyebut Indonesia sebagai world premier CBR250RR.

honda cbr250rr siap terbang ke jepang

Kabarnya, memang saat ini konsentrasi pasarannya memang masih dalam lingkump pasar domestik. Namun, PT Astra Honda Motor (AHM) tentu telah memiliki rencana dan strategi untuk menerbangkan CBR250RR ini ke negara lain, yang pertama adalah kampung halaman Honda yaitu Jepang.

Dalam kesempatannya, Toshiyuki Inuma selaku Presiden Direktur AHM pada saat peluncuran all new CBR250RR mengatakan, “Kami akan memproduksinya untuk pasar domestik terlebih dahulu. Tapi, pada saatnya nanti kami akan kirimkan juga ke Jepang dan negara-negara lainnya,” Ujarnya.

Inuma lalu menambahkan, bahwa sata ini pihaknya masih belum bisa memberi keputusan untuk motode ekspornya akan dalam bentuk Completely Built Up (CBU) atau dalam bentuk Completely Knocked Down (CKD). Keputusan baru akan diambil saat kebutuhan untuk pasar domestik telah semuanya terpenuhi.

Dalam kesempatan tersebut, juga dijelaskan bahwa AHM akan memproduksi all new CBR250RR dengan kapasitas sebanyak 20.000 hingga 25.000 unit dalam satu tahun. Proyeksi untuk konten lokal ini telah emncapai angka 60 persen dan akan terus ditingkatkan hingga semaksimal mungkin.

Lalu, yang menjadi pertanyaan kapan produksinya akan mulai digenjot? Sehingga kebutuhan pasar domestik juga segera terpenuhi.

Menanggapi hal ini, David Budiono selaku Production, Engineering & Procurement Director AHM mengatakan bahwa sebetulnya pabrikan di Karawang telah siap, meskipun dirinya masih belum bisa memastikan soal waktu kapan mulai produksinya.

“Saya tinggal menunggu marketing memberi sinyal untuk produksi. Mainnya (produksi) memang 80-100 unit per hari. Hal ini menjadi penyederhanaan dari total target 25.000 unit per tahun. Hal ini melihat prioritas pasar terlebih dahulu. Lokal konten akan kami tambah terus nanti.”Ujar David.

Mengingat status dari CBR250RR ini merupakan model global, maka sudah barang tentu AHM akan siap melakukan ekspor dengan jumlah yang lebih banyak. Hal tersebut seperti yang sebelumnya dilakukan Yamaha terhadap R25 dan R3 yang dipasarkan ke beberapa benua. Baca juga Indonesia Jadi World Premier CBR250RR dan Indonesia Ekspor Honda CBR250RR Ke Jepang

Top