Harga Motor Listrik Gesits, Review, Spesifikasi & Gambar November 2019

Harga Motor Listrik Gesits dan Spesifikasi – Di era saat ini, hampir sebagian pabrikan otomotif di seluruh penjuru dunia terus berusaha melakukan inovasi untuk meluncurkan kendaraan berbahan bakar listrik. Jika sebelumnya Piaggio, Vespa dan Terra e-Bike sudah dirilis sebagai motor listrik garapan produsen luar negeri, Indonesia pun juga tak mau kalah saing dengan mereka. Pasalnya, belum lama ini dikabarkan bahwa mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) telah menciptakan sebuah skuter listrik yang bertajuk Motor Listrik Gesits. Motor yang diperkenalkan pada Mei 2016 lalu di Gedung Riset Mobil Listrik Surabaya ini, kabarnya sudah diproduksi pada tahun 2018 dan sudah melewati serangkaian proses pengembangan sejak tahun 2015. Dan tepatnya pada ajang IIMS 2019, motor listrik Gesits pun akhirnya resmi dirilis.

Motor Gesits

Motor Gesits

Nah, berkaitan dengan spesifikasinya sendiri, motor listrik Gesits ini memang memiliki sejumlah kelebihan yang berbeda dengan motor lainnya. Namun, jika dilirik dari sisi desain fisiknya sendiri, motor matic buatan putra bangsa ini cukup mirip dengan Vario 125 dengan beberapa garis bodi nan tajam dan sedikit kaku. Tak hanya itu saja, untuk soal performanya sendiri, Gesits akan mengusung tenaga listrik tipe 96VDC Brushless Permanent Magnet dengan daya motor berupa baterai sebesar 5 kW. Dari daya ini bisa menempuh jarak sejauh 100 Km dalam daya baterai penuh. Untuk performanya sendiri bisa mencapai kecepatan maksimal kurang lebih 70 km/jam. Lalu, untuk soal fitur-fitur yang diusung, motor listrik garapan putra bangsa ini akan membawa sejumlah fitur dalam paket Gesits Smart Function yang mana akan memberikan beberapa fitur penjamin keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Lalu, bagaimana dengan keunggulan di sektor lain? Jangan khawatir, berikut Mas Sena akan berbagi informasi secara lengkap soal spesifikasi dan harga motor Gesits.

Motor Listrik Gesits

Motor Listrik Gesits

Review Gesits

Desain

Skuter Listrik Lokal dengan Gaya Desain Sporty

Sebelum jauh pada sektor yang lain, Mas Sena akan mengawali ulasan pada sektor eksterior dari spesifikasi Gesits. Apabila kita melihat secara keseluruhan, konsep desain yang diusung Motor Listrik Gesits ini tampaknya memang tak jauh berbeda dengan desain motor matic berbahan bakar bensin pada umumnya. Bahkan, bisa dikatakan mirip dengan Vario 125, baik dari sisi konsep desain maupun lekukan bodinya. Bodynya sendiri mengusung konsep sporty dimana jika dilihat sekilas mirip dengan Honda Vario yang mengedepankan stabilitas dan aerodinamis. Dimulai dari bagian depan Motor Listrik Gesits ini, tampak jelas desain meruncing dengan lampu utama HID Projection berteknologi LED yang dibentuk sipit lengkap dengan Day Running Light (DRL) yang terpasang manis di bagian sisi kiri dan kanan. Lampu tersebut terpasang di bodi depan yang memiliki fungsi sebagai lampu utama dan sekaligus lampu sein. Lalu pada Motor Listrik Gesits ini, tampak dengan jelas pula lekukan garis tegas pada bodi samping yang memanjang hingga buritannya sehingga kesan sporty makin tampak kuat. Bahkan, desain jok pun juga dirancang menyesuaikan desain bodi samping. Jika dilihat, motor listrik yang satu ini tampak ramping dibanding motor matic lainnya yang sudah keluar pasaran. Kemudian, menginjak pada bodi belakang, Motor Listrik Gesits ini dibekali lampu Day Running Light (DRL) yang memang sama dengan lampu depannya di mana lampu tersebut memanjang hingga ke samping bodi yang memiliki fungsi sebagai stoplamp dan lampu sein. Dari spesifikasi Motor Listrik Gesits pad sektor eksterior tersebut, sepertinya skuter listrik lokal memang mengusung desain yang sporty dan tak kalah dengan desain skuter matic impor pasaran pabrikan teratas lainnya.

Spesifikasi Gesits

Spesifikasi Gesits

Speedometer

Panel Indikator Andalkan Teknologi Smartphone Berbasis Android

Lanjut pada pembahasan berikutnya di mana pada sesi ini Mas Sena akan membahas mengenai panel indikator yang diusung pada spesifikasi Gesits. Menginjak pada indikator, sektor panel dari Motor Listrik Gesits ini tampaknya akan berbeda dari skuter matic pada umumnya. Pasalnya, menurut Kepala Laboratorium Sistem Otomatis Industri ITS, motor listrik yang digarap oleh 20 anggota tim ITS tersebut akan mengandalkan speedometer indikator yang terkoneksi dengan smartphone berbasis sistem operasi Android. Hal tersebut, tentunya spesial karena merupakan sebuah inovasi yang bisa menjadi nilai tambah dari Motor Listrik Gesits ini. Dengan demikian, pengguna pun nantinya bisa menginstal software speedometer yang terkoneksi pada smartphone. Sehingga, pengguna bisa terus memantau status skuter listrik lokal ini. Panel indikator itu dibentuk oleh Monitor System yang dibekali oleh prosesor sebesar 1 GHz. Selain itu, nantinya panel indikator Motor Listrik Gesits ini akan tampil pada smartphone dengan tampilan digital yang modern dan informatif di mana pada indikator tersebut akan menunjukkan informasi mengenai kecepatan, kapasitas baterai, dan rpm. Dengan melihat hal tersebut, kemungkinan besar sektor panel indikator dari spesifikasi Motor Listrik Gesits yang mengandalkan smartphone Android ini bakal menjadi nilai plus dan memiliki daya tarik kepada calon konsumen.

Spesifikasi Motor Gesits

Spesifikasi Motor Gesits

Dimensi

Dimensi Kokoh Mengusung Sasis Tubular

Membahas spesifikasi Gesits selanjutnya, tentunya untuk kekokohan rangka merupakan hal mutlak untuk dibahas karena bagian ini akan berperan besar dalam menunjang kestabilan Gesits ketika dikendarai. Motor Listrik Gesits ini sendiri akan dibekali dengan rangka yang kokoh, yaitu mengusung sasis Tubular yang mampu mengangkut kapasitas hingga 94.5 Kg sebagaimana bobot kosong motor ini. Selain itu, rangka Tubular yang disematkan pada Motor Listrik Gesits tersebut membentuk dimensi dengan ukuran 1947 x 674 x 1135 mm dengan bobot 94.5 Kg. Menengok ukuran tersebut, wajar saja apabila ukuran dimensi tersebut akan membentuk gaya Motor Listrik Gesits tampak lebih slim namun tetap bongsor. Pasalnya, Motor Listrik Gesits tidak memiliki tangki bahan bakar tetapi memiliki sebuah tempat pada bagasinya yang digunakan untuk menaruh baterai yang didesain removable sehingga bisa dilepas secara fleksibel. Sehingga, akan mempermudah penggunanya untuk mengganti baterai selama perjalanan. Tentu saja, dengan konstruksi rangka pada spesifikasi Motor Listrik Gesits tersebut memang merupakan hasil penelitian dari ITS sehingga dijamin TOP.

Review Gesits

Review Gesits

Suspensi

Dilengkapi Suspensi Kokoh

Sudah kita ketahui bersama bahwa spesifikasi Gesits akan mengusung sasis Steel yang kokoh. Nah, untuk mendukung dan memperkuat serta menjaga kestabilan skuter tersebut ketika dikendarai maka Motor Listrik Gesits bakal dibekali fitur suspensi yang kokoh. Dimana, diketahui bahwa untuk suspensi depan akan mengandalkan tipe suspensi Telescopic Shock. Sementara itu, untuk bagian belakang Motor Listrik Gesits akan menggunakan suspensi tipe Aluminium Multi-Link. Kedua fitur suspensi tersebut tentunya akan memberikan kenyamanan kepada para pengendara maupun penumpangnya. Pasalnya, dengan suspensi tersebut, Motor Listrik Gesits ini akan memiliki tingkat kestabilan yang tinggi meskipun dikendarai di jalanan yang kurang rata atau penuh bergeronjal. Tak sampai di situ saja, bahkan untuk mengontrol laju kendaraan, diketahui bahwa Motor Listrik Gesits ini akan mengandalkan rem Double Disc Brake atau cakram ganda pada bagian depan dan belakang. Tentu saja, dengan bekalan rem tersebut maka laju motor akan bisa dikendalikan secara maksimal. Selain itu, untuk velg yang akan digunakan, kali ini spesifikasi Motor Listrik Gesits akan mengusung velg berukuran 14 inci yang dibalut ban 80/80 (depan) dan 100/80 (belakang).

Harga Motor Gesits

Harga Motor Gesits

Mesin

Dapur Pacu Andalkan Motor Listrik 5 KW dengan Baterai 50 V, 40 AH

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai dapur pacu dari spesifikasi Motor Listrik Gesits. Sebagai skuter listrik, tentunya mesin yang diusung akan berbeda dengan mesin skuter matic pada umumnya. Berkaitan dengan itu, sebagai daya penggeraknya, Motor Listrik Gesits diketahui akan mengusung baterai dari jenis Li-Ion (Lithium-Ion) yang berkapasitas 5.000 WH. Baterai tersebut pun juga bisa diisi ulang dalam kurun waktu antara 3-4 jam untuk sekali charge. Selain itu juga sistem baterai Gesits di desain agar bisa ditukar (battery swapping) sehingga pengguna bisa dengan mudah dapat mengganti baterai motor ini, ketika baterainya habis. Untuk mesin sendiri, motor listrik ini dibekali mesin dengan tipe Permanent Magnet Synchronous kekuatan sebesar 5 KW yang terpasang di atas rangka. Dengan mesin yang bekerja pada tegangan 96 Volt DC tersebut, Motor Listrik Gesits ini mampu melesat hingga kecepatan 5 kW pada putaran ke 3600 rpm dan maksimum torsi mencapai 30 Nm per 3600 rpm. Selain itu, dengan kemampuan daya baterai tersebut bisa bertahan hingga jarak tempuh mencapai 50 Km dengan satu baterai atau 100 Km dengan dua baterai. Di sisi lain, tidak seperti kebanyakan skuter matic pada umumnya, Motor Listrik Gesits ini akan menggunakan sistem transmisi timing belt untuk memutar roda belakang yang diklaim unggul pada durabilitasnya. Bahkan, penggerak motor listriknya dijamin tidak mudah terendam air atau terguncang saat melewati jalanan Indonesia yang sarat lubang dan genangan air di musim hujan. Tentu saja, jaminan aman spesifikasi Motor Listrik Gesits tersebut juga merupakan hasil uji dari ITS.

Harga Gesits

Fitur

Dilengkapi Fitur Berteknologi Canggih

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan terakhir mengenai ulasan pada spesifikasi Motor Listrik Gesits. Pada sesi terakhir ini, Mas Sena akan mengulas fitur-fitur yang dimiliki Motor Listrik Gesits. Pertama, diketahui bahwa motor listrik ini akan mengandalkan fitur panel indikator smartphone yang berbasis Android untuk memberikan tampilan modern dan informasi data status dari motor tersebut. Selain itu, untuk teknologi penggerak motor listrik pada Motor Listrik Gesits ini juga sudah memiliki regenerative brake. Teknologi ini membuat saat deselerasi otomatis motor listrik akan diiringi dengan pengisian baterai. Bahkan, dengan mengandalkan mesin listrik, tentunya Motor Listrik Gesits tidak akan membuang gas emisi sehingga motor lokal ini akan menjadi sebuah skuter listrik yang ramah lingkungan. Tak hanya itu saja, bahkan motor ini juga sudah dibekali dengan paket fitur berupa GESITS Smart Function yang sudah mengusung beberapa fitur handal, seperti Detection & Protection System Failure dengan Dashboard Auto Adaptive. Kemudian, lampu HID Projection di bagian lampu depan, LED Integrated Position Light untuk lampu belakang, dan Hazard Light LED yang juga turut disematkan. Namun, banyak pengamat yang mengungkapkan bahwa spesifikasi Motor Listrik Gesits akan dilengkapi sistem pengereman cakram dan tromol.

Spesifikasi Motor Gesits

Drivetrain
Kontrol katup Ride-by-wire Electric Throttle
Mode berkendara Eco Mode / Urban Mode / Sport Mode
Motor Permanent Magnet Synchronous Motor 2kW rated 5kW peak
Sistem pendinginan Air Cooled System
Sabuk Transmisi Gates Poly Chain GT Carbon Belt
Maks. Output daya 5 kW @3600 rpm
Maks. Daya kuda  6.7 hp @3600 rpm
Maks. Torsi 30 Nm @ 0-2125 rpm
Performa
Akselerasi (0-50 km/h)* 5 detik
Maks. Kecepatan 70 km/h
Maks. Kisaran berkendara per baterai Perkiraan. 50 km untuk Baterai Tunggal
Perkiraan. 100 km untuk Baterai Ganda
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi  1.947 mm x 674 mm x 1.135 mm
Jarak antar roda 1.290 mm
Berat kotor 94.5 Kg
Bingkai
Rangka Baja
Suspensi depan Teleskoptik
Suspensi belakang Aluminum Multi-Link
Sistem Pengereman (depan/belakang) Rem cakram ganda
Roda (depan/belakang) 80/80-R14/100/80-R14
Keamanan
Lampu depan Proyektor HID
LED Lampu Belakang Horizon Lampu Posisi Belakang Terintegrasi
Lampu Hazard LED
Kode Kesalahan Peringatan Laporan Sendiri melalui Baterai dan aplikasi
GESITS™ Smart Function
Fitur Pintar Sistem deteksi dan proteksi kesalahan
Dashboard luminance Otomatis adaptasi

Harga Gesits

Nah, saat ini, kita akan menginjak pada sesi paling akhir di mana pada sesi ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas harga Gesits terbaru. Namun, sebelumnya Mas Sena akan sedikit memberikan kesimpulan dari spesifikasi Motor Listrik Gesits yang sudah dibahas di atas. Secara umum, Motor Listrik Gesits ini akan tampil dengan gaya desain yang lebih ramping dan sporty sehingga cukup menggoda perhatian calon konsumen. Keberadaan teknologi listrik yang masih tergolong baru di Indonesia, tentunya membuat harga Motor Listrik Gesits akan ditempatkan pada tataran yang eksklusif. Selain itu, hal yang cukup menarik yaitu pada sistem permesinannya di mana Motor Listrik Gesits ini akan mengandalkan mesin listrik 5 KW dengan suplai daya baterai Li-Ion yang berkapasitas 5.000 WH dengan tegangan kerja pada 96 Volt yang mampu mencapai batas kecepatan hingga 110 Km/jam. Tak sampai di situ saja, hal yang cukup diandalkan dari Motor Listrik Gesits yaitu pada panel indikator yang mengusung konsep smartphone berbasis Android sehingga akan memberikan tampilan yang modern dan informatif. Lantas, dengan spesifikasi yang diusung skuter listrik lokal tersebut, kira-kira berapa ya harga Gesits ini?

Harga Gesits Terbaru

Oke, langsung saja merujuk pada masalah harga, berdasarkan beberapa informasi yang diperoleh dari para intelijen Mas Sena, harga Gesits yaitu Rp 24.950.000,-. Harga yang sudah dirilis pihak PT GESITS Technologies Indo sendiri tersebut adalah Off The Road (OTR). Artinya ketika anda membeli motor Gesits ini, masih ada biaya tambahan untuk siap anda gunakan untuk melaju di jalanan.  Harga Motor Listrik Gesits tersebut 1 paket dengan garansi yang akan diterima pembeli selama 3 tahun. Selain itu juga ada layanan call center selama 24 jam setiap harinya yang siap membantu anda jika motor listrik anda mengalami masalah. Bagaimana apakah harga Gesits yang ditawarkan pas sesuai dengan kantong anda?

Harga Motor Listrik Gesits

Sekitar Rp 24.950.000,- (Off The Road)

Catatan : 

  • Harga Motor Listrik Getis diatas merupakan harga off the road (OTR)
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Gesits

Jika kita tengok patokan harga Gesits tersebut, tampaknya dirasa sudah cukup sesuai dengan membandingkannya pada spesifikasi yang diusung Motor Listrik Gesits ini. Sebab, skuter listrik ini memang sebuah kendaraan roda dua yang mengusung desain, mesin dan berbagai macam fitur menarik serta modern. Di satu sisi, Motor Listrik Gesits ini juga tak menutup kemungkinan akan mengalahkan dominasi skuter matic di masa depan. Pasalnya, dari sisi harga Motor Listrik Gesits tersebut, bisa dikatakan tak akan mempersulit bagi konsumen baru yang akan berpindah hati dari teknologi konvensional. Bahkan, jika dibandingkan dengan jenis motor lain yang sejenis, seperti Vespa, Terra e-Bike, maupun skuter matic lain, tampaknya Motor Listrik Gesits ini memang cukup diperhitungkan. Pasalnya, skuter lokal buatan anak bangsa ini juga memiliki spesifikasi yang mumpuni dan gaya desain yang modern dan tak ketinggalan zaman. Bahkan, Motor Listrik Gesits pun juga dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif. Sehingga, kemungkinan besar Motor Listrik Gesits ini akan menjadi salah satu motor skuter listrik yang diperhitungkan di masa depan. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Gesits terbaru. Jangan lupa untuk membaca ulasan Mas Sena menarik lainnya yaitu Honda Vario 150 dan Yamaha Aerox 155.

Top