VW Kecewa Atas Keputusan Denda Rp2,3 Triliun di AS

Keputusan Denda Rp 2,3 Triliun di AS Mengejutkan Pihak VW – Setelah menjalani berbagai macam proses hukum, rupanya kasus skandal emisi VW di Amerika Serikat akhirnya berakhir pada keputusan yang dirasa mengejutkan bagi pihak Volkswagen Group. Pasalnya, kini Departement Ekologi negara bagian Washington Amerika Serikat telah mengeluarkan denda yang harus dibayarkan pihak oleh VW terkait skandal tersebut. Rupanya, denda yang harus dibayarkan oleh pabrikan mobil asal Jerman tersebut tidaklah sedikit dan dirasa sangat mengejutkan bagi VW.

keputusan denda rp 2 3 triliun di as mengejutkan pihak vw

Berdasarkan informasi Autonews yang dihimpun melalui KompasOtomotif, Sabtu (30/07/2016) dikatakan bahwa VW Group telah mengungkapkan rasa kecewanya akan keputusan yang diambil oleh Departement Ekologi AS tersebut. Di luar perkiraan, VW harus juga membayar kerugian lingkungan hingga sebesar 176 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau jika dirupiahkan adalah Rp2,3 triliun.

Dalam keterangannya, pihak Volkswagen mnegatakan, “Sungguh sangat disesalkan terkait dengan keputusan yang ditetapkan tersebut. Ini juga bertentangan dengan rencana penyelesaian masalah yang akan langsung didiskusikan kepada konsumen,” Ujarnya.

Advertisement

Jika diingat, selama kasus tersebut terungkap, VW Memang telah mengalami banyak sekali kerugian. Selain pengajuan recallnya yang ditolak dan perusahaan diharuskan untuk membeli kembali sleuruh model yang terkena dampak skandal emisi tersebut, perusahaan juga kini harus membayar keriguan lingkungan.

Sepanjang kasus ini bergulir, VW juga telah berusaha keras untuk menyelesaikan masalah. Sebagai langkahnya, beberapa upaya pemulihan kerugian yang dialami konsumen juga telah dilakukannya. Seperti yang telah disinggung, untuk skema pembelian kembali mobil konsumen tersebut telah emnghabiskan dana sebesar 2,7 juta dollar AS. Selain itu, VW juga telah mengeluarkan dana sebesar 2 juta dollar AS guna mengembalikan kepercayaan lingkungan. Namun rupanya kini denda yang disampaikan oleh Departement Ekologi yang dibebankan terhadap VW Group bertambah besar.

Dalam konfirmasinya, Maia Bellon selaku Direktur Ekologi dibagian Washington mengatakan, “Tindakan Volkswagen melanggar hukum kualitas udara negara kita dan menempatkan kesehatan menyarakat menjadi lebih berisiko. Untuk hal ini, kami denda 176 juta dollar AS untuk sebanyak 21.000 unit kendaraan yang trdaftar di negara bagian,” Ujarnya.

VW sendiri memiliki waktu yang tak lebih dari 30 hari untuk mengajukan banding yang akan disuarakan di Washington Pollution Control Hearings Board. Hanya saja, sejauh ini masih belum diketahui apa yang akan dilakukan VW. Baca juga BMW Curhat, Izin Produksi Terhambat Di AS dan Dianggap Gagal Menunjukkan Perbaikan, Rencana Recall VW Ditolak AS

Top