Mobil Sport Sulit Dijual di Tanah Air, Apa Penyebabnya?

Kultur Masyarakat Salah Satu Penyebab Sulitnya Mobil Sport Dijual di Indonesia – Pasar otomotif dunia memang biasanya di negara manapun akan dikuasai oleh jenis kendaraan dengan segmen-segmen tertentu. Seperti Indonesia, di negara kita ini jenis kendaraan yang populer adalah segmen mobil murah Low Cost Green Car (LCGC), MPV dan juga SUV. Lalu, mengapa di Tanah Air keberadaan mobil sport tak sepopuler di negara-negara lain seperti Korea misalnya?

kultur masyarakat salah satu penyebab sulitnya mobil sport dijual di indonesia

Di pasar Tanah Air, memang perlu kemampuan khusus bagi seorang pramuniaga otomotif untuk bisa menjual jenis mobil sport atau sportcar. Selain itu, sejauh ini jika melihat potensi pasarnya juga telah berhasil membuat para produsen untuk membendung keinginannya menjual produk sportcar di Indonesia, salah satunya adalah PT Eurokars Artha Utama yag merupakan Agen Pemegang Merek (APM) dari Porsche Indonesia.

Mendengar hal itu, tentu kita bertanya-tanya. Sebetulnya apa sih kesulitan yang dihadapi para APM untuk menjual jenis sportcar tersebut di Tanah Air?

Terkait hal ini, Christoph Choi selaku Managing Director PT Eurokars Artha Utama (Porsche Indonesia) mencoba untuk mengungkapkan apa yang sebetulnya dirasakannya sebagai kendala pemasaran sportcar di Indonesia. Salah satunya adalah terkait dengan kultur masyarakat Indonesia yang belum dekat dengan dunia balap atau motorsport.

“Bukan hanya di Indonesia, namun juga berlaku di negara-negara ASEAN lainnya. Kesulitannya adalah kalau di daerah ini, dunia balap mobil atau motorsport tidak begitu populer. Berbeda dengan yang ada di Eropa, Amerika atau Jepang,” Tutur Choi.

Choi lalu melanjutkan, bahwa menurutnya khusus di Indonesia sirkuit saja hanya ada satu, yaitu Sentul. Lalu, sejarah motorsport sangat minim di Indonesia,” Tidak dipungkiri kalau keberadaan motorsport cukup merangsanga penjualan dari poduk mobil sport ataupun sebaliknya.” Tambahnya.

Salah satu upaya bagi produsen atau APM untuk tetap bisa berualan di Indonesia ialah strategi produk. Hal ini berkaitan dengan fokus penjualan atas mobil sport yang juga bisa digunakan untuk kebutuhan sehar-hari. Terutama mobil dnegan kapasitas mesin kecil. Jenis ini seperti yang telah dipasarkan yaitu 911 Carrera dan 718 Boxter. Baca juga Indonesia Kedatangan Supercar Posrche Tahun 1960 dan Indonesia menjadi salah satu wilayah dengan performa penjualan terbaik se-Asia Tenggara 

Top