Salah Pakai Oli Suspensi, Z125 Kena Recall

Oli Suspensi Z125 Bereaksi Dengan Segel Suspensi – Berita mengenai recall nampaknya masih belum berhenti dari jagat otomotif dunia. Jika dilihat masalahnya, sering kali recall terjadi terhadap part-part yang tak dibuat sendiri oleh merek terkait. Pasalnya, melihat dari kebiasaan praktik bisnis yang berjalan, memang sudah menjadi suatu kebiasaan sebuah pabrikan melempar pekerjaan pada pabrikan lain. Selain untuk menurunkan biaya produksi, rasanya memang suatu pilihan yang tepat bagi suatu merek untuk meminta orang yang dirasa ahli untuk membuat komponen-komponen tersebut.

salah pakai oli suspensi z125 kena recall

Berita recall kali ini nyatanya menimpa merek yang bisa dibilang premium, Kawasaki. Produk yang bermasalah diberitakan sebagai Kawasaki Z125 sebagaimana diberitakan melalui Kompas (2/8/2016). Masalah ini terkait dengan suspensi yang disinyalir mudah bocor pada varian yang dijual pada tahun 2016 di pasar Amerika Serikat.

Advertisement

Tentu hal ini bukan merupakan kejadian yang menyenangkan bagi Kawasaki. Setelah menerima laporan untuk pertama kalinya pada April 2016, Kawasaki kemudian mengecek unitnya di Thailand dan ditemukan hal yang mencengangkan tersebut. Alhasil, Kawasaki meminta pemasok komponen suspensi tersebut untuk melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan tersebut diketahui, minyak suspensi yang digunakan mudah bereaksi dengan karet seal pada suspensi. Hal inilah yang membuat suspensi Kawasaki Z125 tersebut bocor dan tentunya menjadi hal yang membahayakan para pengendara motor premium tersebut.

Atas dasar investigasi tersebut, akhirnya Kawasaki mengumumkan recall produknya pada tanggal 1 Juni 2016 yang lalu. Hal ini praktis menyebabkan sekitar 1.282 unit Z125 yang diproduksi sebelum 9  Juni 2016 harus dibawa kembali ke Kawasaki untuk diperbaiki. Untungnya, kejadian recall dari Kawasaki ini lebih cepat ditangani sehingga tak perlu menunggu waktu bertahun-tahun untuk ditemukan suatu kecacatan dalam produknya.

Di sisi lain, untuk pasar Indonesia sendiri nyatanya masih mengalami tanda tanya. Pasalnya, pihak PT Kawasaki Motor Indonesia selaku pemegang merek premium ini masih belum dapat memberikan komentar. Jika pemasok suspensi Kawasaki di Indonesia adalah pemain yang sama dan dalam batch produksi yang sama dengan di Amerika, maka seharusnya recall tersebut juga berlaku untuk produk di tanah air. Baca juga Kawasaki Pede Sasar Harga Langit dan Wujud Kawasaki Ninja R2 Hadir di Publik.

Top