ITS Ajak UNS dan UGM Kembangkan Baterai Skuter Gesits

UNS dan UGM Dilibatkan ITS Dalam Pengembangan Skuter Gesits – Guna melanjutkan skuter listrik Gesits, ITS dikabarkan sedang dalam proses untuk mengajak dan melibatkan Univesitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja untuk melakukan sebuah riset pengembangan skuter listrik Gesits.

uns dan ugm dilibatkan its dalam pengembangan skuter gesits

Terkait hal tersebut, Grangsang Setia Ramadhani mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat ini, kesepakatan kerja sama atau MoU diharapkan sudah segera bisa dilakukan dan diteken. “Masih penjajakan. Kami belum MoU,” kata Grangsang pada Senin (1/8/2016). Di sisi lain, Grangsang juga mempertegas pernyataannya tersebut dengan mengatakan bahwa keterlibatan dua kampus tersebut dilakukan sebagi langkah untuk mengembangkan proyek bateri namun di bidang yang berbeda. Untuk UNS, tim ITS akan beekerjasama untuk menyuplai sel baterai. Sementara itu, jika dengan UGM mka ITS akan bekerjasama untuk mengembangkan daur ulang baterai. Dari kerjasama tersebut, sangat diharapkan bahwa ketiga kampus tersebut bisa saling bergotong royong untuk menghasilkan produk skuter listrik yang benar-benar bisa menjawab tantangan di masa sekarang ini.

Pasalnya, permasalahan yang sering muncul di saat ini pada kendaraan listrik yaitu baterai dan daur ulangnya. Baterai skuter listrik ii membutuhkan suplai daya yang sangat besar untuk menjadikan kendaraan menjelajah sejauh mungkin. Di sisi lain, ketika baterai sudah tidak digunakan lagi maka limbahnya akan mencemari lingkungan. Dua permasalahan ini akan segera dicarikn pemecahannya oleh Tim dari UNS dan UGM.

Baca juga review lengkap Mas Sena tentang Gesits

Di sisi lain, menurut Grangsang, saat ini GESITS masih menggunakan baterai impor. Dengan terealisasinya kerja sama ini maka komponen skuter tersebut sudah sepenuhnya dibuat lokal. “Untuk baterai masih impor. Tapi komponen lain kami kerja sama dengan pemasok lokal. Supplier tidak melayani dalam jumlah kecil,” ujarnya. Beberapa komponen yang sudah diproduksi lokal adalah sasis, motor listrik, controler, dan battery packaging. Baca juga ITS Segera Lakukan Uji Coba Skuter Listrik Gesits dan Pabrik Motor Listrik Italjet Gunakan Produk GESITS.

Top