Kawasaki Umumkan “Recall” Ribuan Z125, Ada Apa?

Berpotensi Kebocoran Pelumas Suspensi Belakang Ribuan Z125 Direcall – Setelah sebelumnya Yamaha yang telah mengumumkan recall terhadap model terhadap model YZF-R25 dan MT-25 untuk melakukan penggantian komponen Pressure Plate Assy & Oil Pump Assy dan Front Barke Hose, kini pengumuman recall juga dilakukan oleh produsen sepeda motor asal Jepang, Kawasaki. Perusahaan memberi intruksi recall terhadap produk Z125 Pro 2016 yang dipasarkan di Amerika. Penarikan kembali model Z125 ini adalah terkait dengan potensi kebocoran yang bisa saja terjadi pada pelumas dari suspensi belakang.

berpotensi kebocoran pelumas suspensi belakang ribuan z125 direcall

Seperti informasi Motorcycle, yang dirangkum melalui KompasOtomotif, Selasa (02/08/2016) tertulis bahwa setidaknya terdapat 1.282 unit Z125 yang diproduksi sebelum tanggal 9 Juni 2016 yang harus mendapatkan perbaikan. Seperti diketahui, di Indonesia, Kawasaki Z125 ini baru meluncur pada akhir bulan Februari 2016 lalu.

Melihat hal tersebut, memang menimbulkan pertanyaan, apakah untuk Z125 yang dipasarkan di Tanah Air juga terdampak recall?Namun hingga sejauh ini Michael Candra Tanadhi selaku Deputy Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) masih belum memberi konfirmasi apapaun terkait produk yang dipasarkan di Indonesia.

Terkait permasalahan pada Kawasaki Z125 sendiri, menurut dokumen yang dirilis oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Amerika, bagian sokbreker belakang dianggap mengalami sedikit gangguan selama proses manufaktur. Hal ini menyebabkan pelumas sokbreker belakang bisa saja mengalami kebocoran saat motor dikendarai, sehingga bisa mengurangi kinerja suspensi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Sebelumnya, permasalahan tersebut pertama kali telah dilaporkan pada April 2016. Kawasaki kemudian memeriksa unit kendaraannya di lokasi penyimpanan yang bertempat di Thailand, dan menemukan tanda-tanda pelumas yang merembes pada batang piston dari suspensi dan terdeteksi beberapa unit. Baru setelah itu Kawasaki menyampaikan hal ini kepada pemasok suspensi Z125, untuk meminta penyelidikan lebih lanjut.

Rupanya, penyelidikan yang telah dilakukan pemasok pada bulan Juni lalu cukup membuahkan hasil, bahwa pelumas yang digunakan dalam proses manufaktur, mempengaruhi karet sil pelumas pada suspensi. Pemasok kemudian menggunakan minyak berbeda untuk mengeliminasi masalah.

Berdasarkan penelitian tersebut, barulah pada tanggal 1 Juli 2016, Kawasaki memutuskan untuk memulai prosedur recall. Baca juga Recall Yamaha YZF-R25 dan MT-25 Minim Respon Masyarakat dan Kawasaki Pede Sasar Harga Langit

Top