Target Beroperasi 2017, Pabrik Baru Mitsubishi di Bekasi Capai 95%

Pabrik Mitsubishi Bekasi Hampir Selesai Digarap – Meskipun saat ini pabrikan Mitsubishi Jepang baru saja terjerat kasus manipulasi data konsumsi bahan bakar untuk mbeberapa model mobilnya, namun hal tersebut tidak berdampak pada investasinya di Tanah Air. Pasalnya, sejauh ini proses pembangunan pabrik baru PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors dan Mitsubishi Motors di Greenland Internasional Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Desa Pasir Ranji, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, hampir selesai digarap. Kabarnya, sekarang pabrik baru tersebut tengah dalam proses finishing dan dijadwalkan bakal siap mulai beroperasi pada tahun 2017 mendatang.

pabrik mitsubishi bekasi hampir selesai digarap

Dalam kesempatannya, Imam Choeru Cahya selaku Group Head of MMC Sales and Marketing Group KTB seperti yang dirangkum dari KompasOtomotif, Selasa (02/08/2016) mengatakan bahwa pembangunan pabrik Mitsubishi sampai saat ini telah mencapai 95 persen. Itu artinya, tinggal 5 persen lagi bakal selesai. Proses 5 persen tersebut dikatakan adalah tinggal finalisasi saja.

“Kalau pembangunan mungkin hampir selesai, 95 persen. Secara paralel, tinggal instalasi equipment pabriknya, alat-alat di dalamnya,” Ujar Imam.

Pihaknya lalu menambahkan, bahwa proses finishing pabrik masih terus dijalankan untuk mengejar target waktu pembukaan yang dijadwalkan bakal dilakukan pada April 2017 mendatang.

“Saya dapat informasi dari manajemen, targetnya masih on schedule, tidak meleset. April (2017) kami produksi pertama Pajero Sport,” Ungkapnya melanjutkan.

Advertisement

Sebagai informasi, pabrik baru Mitsubishi berdiri di atas lahan yang memiliki luas 50 hektar dengan nilai investasi sebesar USD600 juta. Angka tersebut, jika dirupiahkan maka akan setara dengan Rp7 triliun. Pabrikan terbaru KTB yang berlokasi di Cikarang, Bekasi ini akan menjadi tempat diproduksinya produk Mitsubishi seperti Pajero Sport, Colt L300, serta small crossover MPV yang kabarnya juga akan diluncurkan tahun depan.

Sementara itu, untuk kapasitas produksinya secara keseluruhan, pabrik total memiliki kapasitas produksi sekitar 160 ribu unit per tahunnya. Untuk model small crossover MPV sendiri, akan dilakukan produksi sebanyak 80 ribu unit, dengan data secara rinci adalah 60 ribu untuk pasar domestik dan sisanya 20 ribu untuk produk yang akan dikespor. Baca juga Mitsubishi Mulai Bangun Pabrik Terbarunya di Cikarang dan Debut Perdana di GIIAS 2016, Small MPV Mitsubishi Hadirkan Kabin Lebih Luas

Top