Ini Alasan Mengapa Ban Cadangan Lebih Kecil

Ban cadangan biasanya punya tampilan yang kurang sedap di pandang – Jika menemukan ban cadangan di mobil dengan ukuran lebar tapak yang berbeda dengan ban yang utama, tidak perlu khawatir dan cemas karena ini memang diperbolehkan dalam aturan undang- undang dengan catatan diameter peleknya sama dengan yang digantikan.

ban cadangan biasanya punya tampilan yang kurang sedap di pandang

Berdasarkan undang- undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pada pasal 57 (3) menyatakan, ban cadangan adalah salah satu perlengkapan wajib mobil. Kepentingannya sejajar dengan perangkat sabuk pengaman, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan perangkat pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas.

Advertisement

Bukan hanya ukuran saja ban cadangan juga biasanya punya tampilan yang tidak enak dipandang, namun dibalik itu semua ada magsud- magsud tertentu mengapa ban cadangan berbeda. Ukuran ban yang lebih kecil bertujuan untuk ban cadangan tidak memakan tempat jadi tempat penyimpanan tidak perlu membutuhkan ruang yang lebar sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lainnya.

Kemudian dengan ukuran kecil dan dengan tampilan yang berbeda dari ban standar lainnya ini membuat sang pemilik kendaraan tidak ingin lama- lama menggunakan ban cadangan ini. Selain itu juga mendorong pengguna mobil agar cepat memperbaiki ban yang bocor atau rusak tersebut.

“Dengan tampilan yang tidak sedap dipandang oleh mata, membuat pemilik akan segera menggantinya dengan ban yang asli. Namanya juga ban cadangan jadi tidak tigunakan terus menerus bahkan smpai berbulan- bulan,”tutut Gandhi KompasTekno, Rabu (3/8/2016).

Ketika mobil menggunakan ban cadangan atau temporary tire kecepatan mobil sebaiknya di jaga , kecepataan harus dijaga ketika menggunakan ban cadangan kecepatan tidak boleh lebih dari 80km per jam . Seharusnya bukan hanya untuk Toyota peraturan ini tetapi untuk semua merek dan jenis mobil. Baca juga Tingkatkan Angka Penjualan, Honda Produksi HR-V Limited Edition dan Saingi Sigra, Toyota Optimis Target Penjualan Lebih Tinggi

Top