Perang Sengit Toyota dan Honda di GIIAS 2016

Toyota dan Honda Hadirkan Mobil Hidrogen di GIIAS – Diprediksi bahwa beberapa bahkan sebagian besar para Agen Pemegang Merk (APM) bakal hadirkan mobil konsep di GIIAS 2016 mendatang. Pasalnya, diketahui bahwa mobil konsep merupakan salah satu senjata ampuh dalam menarik perhatian dari para pengunjung yang hadir di pameran GIIAS 2016.

toyota dan honda hadirkan mobil hidrogen di giias

Tak hanya itu saja, mobil konsep juga diklaim bisa digunakan sebagai media untuk menunjukan gengsi dari persaingan para APM dalam memamerkan teknologi otomotif modern pada pameran yang akan dilangsungkan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Banten, 11-12 Agustus 2016 itu.

Terkait hal tersebut, beberapa waktu lalu diketahui bahwa ada beberapa APM yang akan memamerkan mobil konsepnya, salah satunya yaitu Honda dan Toyota. Kedua APM yang diketahui memang menjadi produsen yang mendominasi pasar otomotif Tanah Air tersebut dikabarkan akan memamerkan mobil konsep hidrogen. Toyota diberitakan akan menampilkan Mirai, sementara itu pihak Honda akan memboyong Clarity Fuel Cell.

Jika menengok ajang GIIAS di tahun 2015 lalu, pihak Toyota sendiri sudah menunjukan Mirai model 2015. Namun, banyaak yang memprediksi bahwa Toyota Mirai yang akan dihadirkan di GIIAS 2016 mendatang tersebut nantinya merupakan wujud dari hasil pengembangan teranyar. Dari data spesifikasi teknisnya, Mirai yang ditunjukkan pada GIIAS 2015 menggunakan motor listrik fuel cell yang mampu memproduksi tenaga 113 kW atau setara 152 hp dan torsi 335 nm. Baterainya menggunakan nickel-metal hydride. Listrik pada Mirai dihasilkan dari proses kimia hidrogen. Dalam kondisi tabung hidrogen penuh, mobil sedan empat pintu itu bisa menjelajah 502 kilometer. Mobil ini mulai dijual dalam jumlah terbatas sejak Desember 2014. Pasar potensialnya adalah Amerika Serikat dan Jepang. Saat itu, Mirai dijual dengan harga USD57.400 atau jika dikonversi ke rupiah dengan nilai tukar saat ini sekira Rp752 juta.

Sedangkan di pihak Honda, dikabarkan akan menampilkan Clarity Fuel Cell. Honda mengklaim Clarity merupakan mobil listrik bertenaga hidrogen yang memiliki daya jelajah terjauh saat ini. Dalam kondisi tangki penuh, daya jelajahnya mencapai 750 kilometer. Pengisian ulang tangki hidrogen hanya membutuhkan waktu tiga menit. Mobil yang pertama kali diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show 2015 itu mampu menghasilkan tenaga 103 kW atau setara dengan 140 ps. Honda Clarity Fuel Cell merupakan hasil pengembangan dari FCX Clarity yang memiliki daya jelajah 500 km. Baca juga BMW Motorrad G310R Bisa Dipesan di GIIAS dan Nissan Hadir di GIIAS 2016 dengan Beberapa Kejutan.

Top