Skuter Listrik GESITS Jalani Tes Ujian Berat

Skuter Listrik GESITS Akan Diuji Jakarta-Denpasar dan Belgia – Sebuah unit skuter listrik yang bertajuk GESITS di mana merupakan hasil karya kolabroasi antara Garasindo dan Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya rencananya akan dilakukan pengujian di Belgia. Tes uji tersebut akan segera dilaksanakan setelah lulus uji di Indonesia. Tes uji memang akan dilakukan di Belgia mengingat di negara tersebut memiliki sertifikasi uji otomotif untuk produk sepeda motor listrik. “Ini harus dilakukan. Jika GESITS akan dipasarkan di pasar internasional, harus diuji di Belgia,” kata Ketua Laboratorium Mobil Listrik Nasional (Molina) ITS, Muhammad Nur Yuniarto.

skuter listrik gesits akan diuji jakarta denpasar dan belgia

Selain itu, Nur juga mempertegas bahwa untuk alat uji yang akan digunakan sebetulnya pihak ITS sudah memiliki. Akan tetapi, yang meemiliki hak untuk uji sertifikasi hanya Belgia. Untuk pengujiannya, akan dipersiapkan 10 unit GESITS di mana saat ini sedang dalam proses pengembangan. Dalam ujian nani, GESITS harus lulus uji standar UNR136 lalu ISO 60411412 yang meliputi keamanan, konsumsi energi, dan performanya.

Di Indonesia sendiri, BPPTP (Badan Pengkaijan dan Penerapan Teknologi) sebetulnya bisa melakukan sebuah pengujian. Namun, BPPT saat ini masih belum memiliki peralatan pengujian untuk skuter listrik. “Saat ini BSN (Badan Standardisasi Nasional) sedang menyusun standar-standar untuk sepeda motor listrik. Harapan kami tentunya standar-standar itu harus dikombinasikan dengan standar yang ada,” ungkapnya.

Baca juga review lengkap Mas Sena tentang Gesits

Perlu diketahui, beberapa langkah yang harus dilewati GESITS yaitu uji laboratorium, uji jalan, uji performa, uji durability, dan pengujian ekstrem. Terkait hal tersebut, Grangsang Setia Ramadhani selaku Project Leader Development GESITS mengungkapkan bahwa pengujian ekstrem dilakukan untuk mengetahui kemampuan bertahan dari skuter listrik tersebut di kondisi medan berat, seperti menanjak dan menurun serta banjir. “Salah satu rangkaiannya nanti pada Oktober akan ada uji 10 unit GESITS untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Denpasar sekira 3.000 kilometer nonstop,” tuturnya.

Untuk di Indonesia sendiri, GESITS akan diuji dengan melajukannya dari Jakarta hingga Denpasar yang nantinyaa akan diikuti oleh mobil pendamping. Dalam ujian tersebut, GESITS hanya akan berhenti ketika pengganttin baterai yang dibawa oleh tim penguji. “Jadi nanti baterai habis kami cabut dan diganti baterai yang telah dicharger di mobil pendamping,” pungkasnya. Baca juga Gesits Dipastikan Akan Lahir Dari Banyak Tangan dan UNS dan UGM Dilibatkan ITS Dalam Pengembangan Skuter Gesits.

Top