Spesifikasi dan Harga Datsun Go Panca Hatchback Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Datsun GO – Sempat diremehkan saat pertama kali hadir pada pertengahan 2014 yang lalu, kini Datsun GO Panca malah menjelma menjadi salah satu kendaraan LCGC yang paling digemari publik. Meski penjualannya belum bisa melebihi seri LCGC tiga baris Datsun GO+, namun versi small hatchback dari mobil andalan Datsun ini tetap mampu mencuri perhatian di tengah-tengah boomingnya mobil tipe LCGC. Datsun GO Panca sendiri memang hadir setelah Datsun memperkenalkan varian Datsun GO+ yang memiliki dimensi lebih panjang. Kesuksesan varian Datsun GO+ membuat Datsun percaya diri untuk meluncurkan varian keduanya. Secara historis, nama Datsun memang cukup punya sejarah manis di dunia otomotif Indonesia. Datsun sempat populer di Tanah Air berkat varian pikap Datsun 620 dan juga sedan Datsun 120Y yang dulu sangat ikonik sebagai “sedan drag”. Datsun GO Panca sendiri juga dikenal dengan nama Datsun GO Panca, merujuk daya tampung mobil tersebut yang mampu menampung maksimal 5 orang. Sama seperti versi low MPV Datsun GO+ yang sempat kurang diminati publik, justru kini versi hatchback ini semakin menununjukkan prestasinya dengan menjadi salah satu varian LCGC terlaris di Tanah Air.

Datsun GO Panca

Datsun GO Panca

Dua mobil murah yang ditawarkan Datsun langsung dengan cepat mendapatkan reaksi positif, di mana tahun pertama target 40.000 penjualan langsung bisa tercapai. Selain berkat strategi promosi yang tepat sasaran dengan intensitas cukup tinggi, salah satu faktor yang mempengaruhi pesatnya penjualan Datsun GO Panca dan juga GO+ adalah kualitasnya yang semakin teruji. Antara versi hatchback dan low MPV yang diperkenalkan oleh Datsun sebenarnya memang tak memiliki perbedaan komposisi ruang mesin yang berarti. Datsun GO Panca versi hatchback atau Panca ini tetap mengusung mesin Datsun seri HR12DE yang merupakan mesin berkapasitas 1200 cc. Untuk ukuran kendaraan LCGC, mesin tersebut memang cukup bertenaga karena mampu memuntahkan power maksimal sebesar 68 PS pada putaran mesin 5.000 rpm dan torsi sebesar 104 Nm pada 4.000 rpm. Selain cukup bertenaga, kelebihan lain yang dimiliki oleh mesin Datsun GO Panca ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang tergolong sangat irit. Datsun sendiri menyediakan tiga versi GO, yakni versi standar atau Datsun GO Panca T, lalu ada tipe GO T-Option, serta terakhir GO T-Active yang merupakan versi paling tinggi. Secara spesifik, sebenarnya basis mesin ketiga varian Datsun GO Panca tersebut tetap sama. Perbedaannya hanya terletak pada spesifikasi interior dan fitur pelengkapnya saja. Untuk spesifikasi interiornya, Datsun GO Panca memang menawarkan kelengkapan fitur semisal fitur drive-side airbags, speed sensitive power steering, smart wiper, pedal akselerasi elektronik, dan banyak lagi fitur lainnya. Nah penasaran dengan kualitas sesungguhnya dari mobil besutan Datsun ini kan? Tak perlu berlama-lama lagi, langsung simak ulasan mengenai spesifikasi dan harga Datsun GO Panca pada segmen-segmen di bawah ini!

mobil Datsun GO Panca

Mobil Datsun GO Panca

Spesifikasi Datsun GO

LCGC dengan Konsep Small Hatchback Berdesain Sporty dan Stylish

Kita mulai review spesifikasi Datsun GO Panca ini dari bagian eksteriornya. Jika diamati dari luar, desain eskterior mobil ini memang tak kalah kerennya dengan varian hatchback atau LCGC dari pabrikan lain. Hadir dengan sasaran konsumen kaum muda yang aktif, Datsun GO Panca tampil dengan desain luar yang cukup sporty dan berkarakter agresif. Fascia depan mobil ini tampil dengan konsep stylish lewat bentuk grill heksagonal dengan tambahan emblem Datsun di dalamnya. Front grill pada Datsun GO Panca ini memang tak terlalu “ramai”. Hanya bentuk heksagonal berwarna krom dengan bagian tengah terdapat motif sarang lebah berwarna gelap. Mobil ini juga menawarkan tampilan dengan gaya modern lewat headlamp berteknologi halogen. Konsep lampu utama pada Datsun GO Panca ini mirip pada mobil-mobil sport Eropa dengan sudut-sudut tegas serta dirancang lebih artisitik lewat garis lengkung yang elegan. Masih di bagian depan, bumper pada mobil ini juga mengusung desain minimalis dengan tak banyak lekukan. Citra sporty juga ditampilkan pada desain bumper Datsun GO Panca lewat jaraknya yang tak terlalu tinggi dengan tanah. Beralih pada desain samping, desain bodi sebelah kanan dan kiri mobil ini sangat kentara aura city car lewat desain yang tak banyak lekukan tajam dan kaca yang dibuat agak sempit. Lantas sektor buritan Datsun GO Panca juga tampil berkarakter berkat pemasangan stoplamp persegi dengan efek smoke serta bumper belakang yang dibentuk selaras dengan garis body. Sedangkan untuk menambah kesan sporty dan elegan, Datsun GO Panca juga memiliki bermacam aksesoris seperti roof spoiler, front dan rear skirt lengkap dengan bumper dan fender yang gagah, juga ada D-cut grill dengan aksen krom. Namun semua aksesoris tersebut hanya tersedia pada spesifikasi Datsun GO Panca tipe T-Active yang merupakan varian tertinggi dari keluarga hatchback Datsun.

spesifikasi Datsun GO Panca

Spesifikasi Datsun GO Panca

Desain Interior Minimalis namun Tetap Fungsional

Kini saatnya kita bergerak ke bagian dalam untuk membahas spesifikasi Datsun GO Panca pada bagian interiornya. Pertama kali melihat desain interiornya, Mas Sena merasakan desain interior pada mobil ini memang diirancang dengan konsep minimalis, namun tetap bercitarasa modern. Hal ini terlihat mulai dari bahan dashboard Datsun GO Panca yang bertekstur kulit dengan tambahan ornamen beraksen silver dan hitam sehingga menambah aura elegan. Untuk dashboard depannya sendiri tak banyak panel yang tersedia kecuali tipe T-Active dan T-Option yang sudah dilengkapi dengan audio player modern. Selain itu, interior depan Datsun GO Panca juga dirancang begitu rapi dan praktis lewat penempatan tuas persneling yang berbeda dengan kebanyakan mobil dengan ditempatkan di sisi tengah bawah dashboard. Untuk setir kemudi Datsun GO Panca juga standar dan tak banyak tombol tersedia. Lalu speedometer dibuat dengan tampilan lebih informatif ditutup dengan AC register yang bisa diputar hingga 360 derajat. Beralih pada bagian jok, dirancang cukup berkelas mulai dari kursi depan yang menyatu untuk menawarkan ruang untuk tas atau barang bawaan pengemudi. Selain itu kabin kemudi pada Datsun GO Panca juga dibangun dengan ruang kepala lebih lega dan jok yang sudah dilengkapi dengan kursi yang bisa menyesuaikan posisi tubuh. Terakhir, pada spesifikasi Datsun GO Panca di bagian bagasi juga tersedia ruang bagasi yang luas dengan kapasitas bagasi mencapai 265 liter sehingga memudahkan membawa barang.

spesifikasi mobil Datsun GO Panca

Spesifikasi Mobil Datsun GO Panca

Dimensi Bodi Kompak Didukung Suspensi Berkualitas untuk Kenyamanan Berkendara

Selanjutnya, kita akan berpindah pada spesifikasi Datsun GO Panca pada sektor ukuran fisik atau dimensinya. Secara fisik, ukuran mobil ini adalah panjang 3785 mm dengan lebar 1635 mm. Untuk ukuran mobil kelas LCGC, tentu dimensi pada Datsun GO Panca ini menjadikannya sebagai salah satu unit dengan dimensi paling besar. Sedangkan untuk ground clearance atau jarak terendah dengan tanah pada Datsun GO Panca adalah 170 mm. Jarak tersebut tergolong cukup tinggi dan akan membuatnya tetap aman saat melewati jalanan yang bergelombang. Mobil ini pun juga memiliki radius putar mencapai 4,6 m. Meski radius putar Datsun GO Panca merupakan yang paling minim, namun tak akan mengurangi handlingnya yang tetap terasa mantap. Demi menunjang kenyamanan serta stabilitas bekendara, Datsun GO Panca juga dibekali dengan sistem suspensi berkualitas lewat suspensi depan berjenis Mc Pherson Strut dengan per keong. Sedangkan untuk suspensi belakang menggunakan sistem supensi Torsion Beam. Semua suspensi pada kaki-kaki Datsun GO Panca ini disempurnakan dengan lengan depan poros ganda untuk menjamin peredaman maksimal dari goncangan. Spesifikasi Datsun GO Panca pada bagian kaki-kaki pun juga dilengkapi dengan sistem pengereman berjenis disc berventilasi pada bagian depan, dan rem jenis drum untuk rem belakang. Terakhir untuk bagian kaki-kaki, mobil ini mengusung velg berdiameter R15 dibalut ban karet berukuran 155/70.

Review Datsun Go

Review Datsun Go

Advertisement

Mesin 1.200 cc Berikan Performa Bertenaga Namun Tetap Irit BBM

Kita lanjutkan pembahasan spesifikasi Datsun GO Panca pada bagian ruang mesinnya. Berbicara soal tenaga, sesuai kapasitas mesinnya, mobil ini memang lebih unggul dari beberapa varian LCGC merek lain. Kali ini, Datsun mengusung mesin seri HR12DE yang merupakan adaptasi dari basis mesin Nissan March. Mesin yang tertanam pada ruang dapur pacu Datsun GO Panca ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 68 PS pada putaran mesin 5.000 rpm dan torsi mencapai 104 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut merupakan mesin yang memiliki kapasitas isi silinder sebesar 1198 cc. Guna semakin memaksimalkan kinerja mesinnya, ruang dapur pacu Datsun GO Panca juga telah mengadaptasi teknologi penggunaan pedal elektronik yang bisa membuat mesin mobil awet serta mudah perawatan namun tetap menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih maksimal. Selanjutnya, untuk menunjang performa berkendara, spesifikasi Datsun GO Panca pada bagian mesin  juga sudah dilengkapi dengan Electronic Power Steering untuk semua tipe. Lantas sebagai transmisi penggeraknya, mobil ini menggunakan transmisi penggerak manual 5 percepatan.

Didukung Fitur Keselamatan dan Kenyamanan Lengkap

Seperti biasa, di segmen terakhir ini Mas Sena akan membahas spesifikasi Datsun GO Panca pada fitur penunjang, seperti keselamatan dan juga kenyamanannya. Seperti kebanyakan mobil LCGC lainnya, fitur-fitur yang ada pada mobil ini memang tergolong minimalis, namun bukan berarti tak bisa menjamin keamanan dan keselamatan penumpang serta pengemudinya. Salah satu fitur andalan dari Datsun GO Panca ini adalah fitur Drive Side Airbags untuk tipe T-Option dan T-Active. Selanjutnya ada seatbelt pada kabin yang juga sudah dilengkapi dengan pretensioner (hanya driver) yang tersedia untuk Datsun GO Panca tipe T-Option dan T-Active. Lalu untuk fitur lain yang berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan, semua tipe mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Digital Tachometer, Drive Computer, Gear Shift Guide, Inteligent Whiping System, Parking Sensors, Power Windows, serta AC Manual. Untuk kebutuhan multimedia, kelengkapan Datsun GO Panca pada bagian fitur pendukung juga sudah ditunjang dengan 1DIN Audio with Aux Jack, USB, dan juga active speakers. Namun fitur multimedia tersebut hanya untuk tipe T-Active. Lantas untuk melengkapi spesifikasi Datsun GO Panca pada fitur keamanan lainnya, semua tipe mobil ini sudah dilengkapi dengan Immobilizer, Central Door Locking, dan juga Keyless Entry lengkap dengan alarmnya.

Datsun GO Panca

Mesin
Seri Mesin HR12DE
Kapasitas Isi Silender (cc) 1,198
Tenaga Maksimal (PS/rpm) 68/5000
Torsi Maksimal (Nm/rpm) 104/4000
Transmisi 5 Speed MT
Dimensi
P x L x T (mm) 3765 x 1635 x 1.485
Jarak Sumbu Roda (mm) 2,450
Jarak Radius Putar (m) 5
Jarak Terendah ke Tanah (mm) 170
Berat Kosong (kg) 785
Steering
Tipe Steering Power Steering
Pengereman
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Suspensi
Suspensi Depan Mc Pherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam

Harga Datsun GO

Pada segmen ini, Mas Sena akan menginformasikan mengenai harga Datsun GO Panca Hatchback terbaru setelah tadi mengulas mengenai spesifikasi dan fitur yang terdapat pada mobil ramah lingkungan ini. Mobil ini sejatinya merupakan kendaraan yang disiapkan oleh Nissan untuk bertarung di segmen LCGC Tanah Air. Basis mesin Datsun GO Panca hatchback sendiri merupakan aplikasi dari mesin Nissan March. Mobil ramah lingkungan dan hemat bahan bakar yang memiliki kabin standar ini memiliki harga yang murah dan cukup terjangkau. Dengan bekal mesin 1.2L, tentu jaminan performa tangguh adalah nilai jual utama mobil ini. Apalagi, harga Datsun GO Panca yang sangat terjangkau membuat mobil ini sangatlah cocok bagi masyarakat kelas menengah Indonesia yang membutuhkan mobil untuk komoditi sehari-harinya. Dengan harganya yang murah, kerjasama engineer Datsun dan Nissan tidak menggarap mobil ini dengan asal. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan desainnya sendiri yang cukup sporty untuk mobil hatchback. Lantas, berapakah harga Datsun GO Panca di pasaran otomotif Indonesia?

harga Datsun GO Panca

Harga Datsun GO Panca

harga Datsun GO Panca terbaru

Harga Datsun GO Panca Terbaru

Menyasar segmenatsi LCGC, banderol harga Datsun GO Panca memang tak akan semahal city car Nissan atau pabrikan lain. Datsun sendiri memang berkomitmen jika mobil yang dijualnya tidak akan berharga mahal serta mampu dijangkau oleh konsumen. Untuk versi termurahnya, harga Datsun GO Panca T 1.2 M/T ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 99,050,000,-. Meski merupakan tipe terendah, namun tipe GO Panca tipe T sudah dibekali dengan fitur yang tergolong lengkap. Sementara itu, di atas tipe GO T ada tipe GO T-option. Harga untuk Datsun GO Panca T -Option ini adalah sekitar Rp 99,550,000,-. Tipe ini merupakan tipe menengah dengan spesifikasi interior serta eksterior yang tak jauh berbeda dengan tipe GO T standar. Sedangkan untuk banderol harga termahal ditempati oleh tipe GO T-Active. Banderol harga Datsun GO Panca T-Active ini adalah sekitar Rp 102,950,000,-. Penampilan tipe ini memang yang paling sporty di antara lainnya dengan tambahan body aero kit lebih lengkap.

Harga Datsun GO

Tipe Harga
Datsun Go Panca T 1.2 M/T Rp 99,050,000,-
Datsun Go Panca T Active 1.2 M/T Rp 102,950,000,-
Datsun Go Panca T Option 1.2 M/T Rp 99,550,000,-

Catatan : 

  • Harga mobil Datsun GO diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Datsun GO

Bagaimana? Cukup kompetitif bukan harga yang ditawarkan Datsun? Harga Datsun GO Panca masing-masing tipe di atas merupakan nominal harga yang kami lansir dari laman resmi Datsun Indonesia. Jika dicermati, banderol harga di atas memang termasuk murah untuk ukuran pasar otomotif Indonesia. Bahkan banderol harga Datsun GO Panca ini masih di bawah harga Toyota Agya versi termurah. Dengan semakin lengkapnya layanan purna jual di seluruh Indonesia, Datsun memang sah-sah saja merasa optimis dengan penjualan varian Datsun GO Panca ini. Meski pada beberapa sektornya masih perlu ada perbaikan, namun secara umum kualitas mobil andalan Datsun ini memang sudah cukup baik. Untuk spesifikasinya memang masih di bawah Toyota Agya atau Honda Brio yang sangat populer di segmen LCGC. Namun dengan banderol harga Datsun GO Panca yang sangat terjangkau serta semakin meningkatnya layanan Datsun di Indonesia, varian hatchback ini bisa saja menyusul kesuksesan sang kakak Datsun GO+ di pasar otomotif nasional. Baca juga Datsun Redi-GODatsun GO+ dan Toyota Agya.

  • Lianto

    Untuk spare part mudah ga bung?trus itu untuk audio dan electric door mirror bisa kan ditambah sendiri?

    • edo

      sparepart tersedia di seluruh cabang nissan pak

  • iskandar muda

    Go…..

    • andi

      Kalau harga sumatera barat datsun go active berapa…???

  • ratna jalik

    keren nih udah beli cakep bodynya u uk harga 100 jt.

  • madi .g

    benar enggak mesinnya adalah mesin nisan march?

    • edo

      benar sekali, memakai mesin nissan march 1200 cc

  • tahpirin

    Datsun luar biasa, tapi ga ada diskon yah?

    • edo

      untuk datsun, tidak ada diskon untuk pembelian cash ataupun kredit di cabang seluruh Indonesia, dengan demikian customer mendapatkan harga yg terbaik, ga usah repot2 bandingin dealer satu dengan yg lain

  • tahpirin

    Jangan terlalu lama minta persetujuan otomotif indonesianya? Kaoan?

  • tahpirin

    Di cirebon GO T option 104.600. Jt. Beda dg DKI.

  • DA

    KLO DI DAERAH KLP GADING BRAPA YA GO PANCA T ACTIVE

    • edo

      102.950.000

  • mariai

    Brapa dpnya
    Dan ada marketing yg dpt di hub di batam

  • Aji

    Datsun sayang seribu sayang, pintunya blm pake peredam. Jadi apa bila ditutup bunyinya seperti mobil (maaf) Angkot.

    • edo

      untuk unit 2015, pintu datsun sudah di upgrade dengan peredam yg lebih baik, sekarang suaranya sama dengan mobil grand livina

      • Lie Suhu

        Apakah peredam pada keluaran datsun seblum 2015 dapat di upgrade jadi lebih baik juga?

    • Ruhaendi

      Ya, saya juga ganti semua pintunya

  • Widya

    Apakah ada wacana produksi Datsun Go/Go+ dengan transmisi AT ? Cukup melelahkan drive MT di padatnya lalin ibukota saat ini.

  • Indra

    Berapa harga Datsun Go Panca tipe T Active di Bali??

  • irsyad

    Menurut ane. Datsun emang memberikan velg kaleng biar yang beli bisa custom velg nya sendiri

  • Agung wibowo

    Apakah datsun go+ T Active hatchback sudah ada dengan spec automatic transmition? berapa harganya untuk wilayah sekitar Sidoarjo Jawa Timur?

    • nunu

      maaf agan” m tnya,velg 14 muat ga.. trus stabil ga rpm’y..

  • edy

    Untuk daerah pasuruan dealer nissan ad dimn?

  • Tabah Sp

    tegal pinten mas yen 20jt 5th

  • uwais

    Kalau d daerah tanggrang selatan pasar go panca t aktif brpa bung??

  • jackson

    kemaren pernah saya coba hidupin mesin nisan datsun go+. kenapa getaran mesinnya sangat kuat ya saat AC di hudupin?

  • Yhudie Los Madridistas

    murahh benerr hehhe

Top