Mulai Beroperasi! Bus Antimacet di China Bukan Sekedar Wacana

China Mulai Operasikan Bus Antimacet – Setelah beberapa waktu lalu diperkenalkan, akhirnya China benar-benar telah mulai mengoperasikan bus antimacet. Konsep dari bus ini memang benar-benar sanggup mengatasi kemacetan yang sering terjadi di kota-kota besar. Selain kapasitas penumpangnya lebih banyak, bus ini juga memiliki jalur sendiri.

china mulai operasikan bus antimacet

Bus yang diberi nama ‘Transit Elevated’ ini diproduksi oleh perusahaan bus lokal TEBtech. Bus tersebut memiliki ruang kabin yang terbilang cukup besar. Bahkan, untuk kapasitasnya bisa sanggup menampung sebanyak 300 orang penumpang. Selain itu, untuk mengurangi tingkat kemcetan lalu lintas, Transit Elevated memiliki jalur sendiri atau berjalan di atas rel.

Advertisement

TEBtech sendiri, mengembangkan bus anti macet ini berdasarkan konsep tyransportasi antara bus dan kereta yang dipadukan. Jika membayangkan konsep operasinya, bus ini akan berjalan dengan rel yang ditempatkan diantara bahu jalan. Pada saat bus beroperasi, jalanan akan tetap bisa dilewati oleh kendaraan lain.

Mengutip informasi yang disampaikan pada bulan Mei lalu, tertulis bahwa untuk menghindari bus dari kemacetan lalu lintas, para insinyur lalu lintas di China mengatakan bahwa dengan membangun lorong di bagian bawah bus, maka nantinya bus akan terhindar dari macet, atau tetap bisa melaju meskipun dalam kondisi arus padat. Terowongan tersebutlah yang nantinya akan bisa dilewati oleh mobil ataupun kendaraan lainnya.

dari konsep tersebut tentu bus dibangun dengan dimensi yang sangat besar, kemungkinan tersebut akan membuat bus berjalan di atas kepadatan setinggi apapun bahkan dalam kondisi macet sekalipun. Bus membawa bodi berukuran lebar 7,8 meter serta panjang 22 meter ini dibekali dengan sebanyak tiga rangkaian kabin yang saling terhubung.

Pada saat konsep tersebut baru diperknalkan, memag dikatakan bakal membawa ukuran yang lebih panjang dengan kapasitas penumpang mencapai 1.500 orang. Namun, dalam hal itu tentu saja pertimbangan akan berat pada sektor keamanannya. Untuk itu, setelah benar-benar melakukan pengujian, maka bus ini hanya menampung penumpang 300 orang. Itu saja, sudah termasuk sangat banyak.

 

Bus anti macet ini pertama kali akan beroperasi di Kota Qinhuanandao, Provinsi Hebei, China. Baca juga Atasi Terjebak Kemacetan Lalu Lintas, China Kembangkan Bus Anti Macet dan Ford Mustang Shelby GT350R Menjadi Bola Api

Top