Menjaga Produktivitas Pabrik Toyota

Pembagunan fasilitas maintenance yang disertai dengan program pelatihan – PT Toyota Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmikan workshop forklift dan towing di pabrik TMMIN Karawang, Jawa Barat, KompasOtomotif, Kamis (4/8/2016). Untuk fasilitas ini TMMIN menggandeng PT Traktor Nusantara (TrakNus) dan juga Toyota Industries Corporation (TICO).

pembagunan fasilitas maintenance yang disertai dengan program pelatihan

Pembangunan fasilitas maintenance yang disertai dengan program pelatihan ini ditunjukan demi meningkatkan efisiensi aktivitas produksi yang ada di pabrik tersebut. “Kerjasama ini muncul dari keinginan untuk memaksimalkan kemampuan tiga pihak ini, dalam memperkuat daya saing industri otomotif Indonesia ditingkat global,”ujar Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami dalam sambutannya. Nonami juga melanjutkan jika perputaran logistik didalam pabrik merupakan unsur penting untuk ketepatan waktu dalam aktivitas produksi.

“Tentunya jika kompenen tidak bisa dikirim secara tepat waktu dan aman, proses produksi akan terkendala yang akan berimbas pada inefisiensi,”ujar Nonami. Direktur Administrasi TMMIN Bob Azam menambahkan, pihak terus berupaya agar faktor- faktor yang bisa menghambat proses produksi diatasi. Dari salah satu nya adalah faktor forklift dan juga towing, yang terjamin performanya serta maintenance-nya dengan kehadiran workshop ini.

“Sebelum ada fasilitas ini, kami harus menunggu perbaikan forklift yang cukup memakan waktu dan ini akan mengurangi efisiensi produktifitas. Untuk itu kami bekerja sama dengan membangun fasilitas ini,”ujar Bob, KompasOtomotif, Kamis, (4/8/2016). Bob juga melanjutkan setidaknya ada tiga elemen yang bisa menyebabkan inefisiensi, seperti mesin yang tiba- tiba mati ditengah jalan, lalu supply kompenen (logistik) terlambat atau over flow, lalu ada juga produk yang cacat atau defect. Ketiga masalah tersebut bisa menurunkan efisiensi produksi mencapai 30 persen.

“Jadi sebenarnya persoalan di kami itu, bagaimana dalam situasi ekonomi sedang tertekan ini, kami bisa meningkatkan efisiensi dan produktifitas supaya tetap bisa bersaing. Jika saja ketiga elemen tersebut bisa kami tekan, makan produktivitas bisa membaik. Karena itu kami bekerja sama dan akan dimulai dari yang kecil- kecil seperti workshop forklift dan juga towing. Baca juga Toyota dan Honda Hadirkan Mobil Hidrogen di GIIAS dan Cerita sukses diharapkan terjadi pada Sigra dan Calya

Top