Ini Dia, Hasil Penyelidikan Skandal Konsumsi Bahan Bakar Mitsubishi

Tim Penyelidik Umumkan Kesimpulan Skandal Mitsubishi – Setelah berjalan cukup lama, kini akhirnya tim independent yang bertugas menyelidiki skandal manipulasi data konsumsi bahan bakar terhadap empat model keicar yang diproduksi oleh Mitsubishi Motor Corporation (MMC) telah menyampaikan hasil kesimpulan darikerjanya selama beberapa bulan terakhir.

tim penyelidik umumkan kesimpulan skandal mitsubishi

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari Okezone, Kamis (04/08/2016) tertulis bahwa pada Selasa, 2 Agustus 2016 kemarin, tim investigasi mengungkapkan bahwa secara umum ada tiga poin yang menjadi penyebab kasus ini terjadi. Yang pertama yaitu lemahnya komunikasi, lemahnya kepemimpinan, serta adanya tekanan tinggi terhadap para engineer untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Seperti diketahui, bahwa anggota tim nvestigasi independen tersebut merupakan tim yang dipilih oleh MMC dan memulai kerjanya sejak beberapa bulan lalu. Keanggotaan mereka terdiri dari tiga pengacara yang juga merupakan mantan jaksa penuntut serta mantan direktur Toyota Motor.

Advertisement

Dari serangkaian hasil pemeriksaan, telah diketahui bahwa perusahaan yang memiliki logo tiga berlian tersebut memberikan target yang snagat berat terhadap para engineer untuk melakukan desain mesin atas kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi. Hal tersebut, dinilai sebagai target yang dianggap tidak realistis untuk diwujudkan. Namun, dalam hal ini, para engineer sendiri tidak mungkin bisa menolak permintaan tersebut.

Bahkan, rupanya kesalahan dalam metode pengukuran konsumsi bahan bakar produk Mitsubishi ini telah terjadi selama 25 tahun. Kesalahan yang dilakukan secara sistematis, meluas, dan meningkat dari waktu ke waktu.

Melihat hasil wawancara dengan sebanyak 150 karyawan MMC, telah diketahui bahwa ada tahapan yang sengaja dilewatkan dalam pengecekan, yaitu melakukan pengecekan terhadap pekerjaan tim yang menghitung konsumsi bahan bakar pada produk-produk yang diproduksi.

Perusahaan sendiri, juga mengatakan bahwa karyawan tidak merasa terdorong untuk menjunjung tinggi peraturan serta memperbaiki kesalahan di bidang terkait dengan tugas masing-masing.

“Tidak ada kesadaran bahwa perusahaan harus bekerja sama dalam satu kesatuan untuk membuat dan menjual mobil,” begitulah isi laporan tim investigasi halaman 37 yang dikutip dari AP.

Untuk jumlah kendaraan yang terdampak skandal, totalnya ada 625 ribu unit kendaraan yang data konsumsi bahan bakarnya dimanipulasi. Baca juga Skandal BBM Mitsubishi Indikasikan Model Lain dan Terkait Skandal BBM, Dua Petinggi MMC Dikabarkan Mengundurkan Diri

Top