Dua Model Baru Toyota Lebih Irit

Toyota diet mesin mempengaruhi efisiensi bahan bakar – Pabrik mesin alumunium Toyota yang baru yang berada di karawang, Jawa Barat, saat ini menjadi spesialis memproduksi mesin berkode NR. Saat ini produksi sudah berjalan untuk 1.5L milik Sienta, tetapi rencana nya akan memproduksi dengan tipe 1.3L ini akan segera menyusul.

toyota diet mesin mempengaruhi efisiensi bahan bakar

Toyota Indonesia akan memulai cerita baru ketika mesin lebih kecil itu sudah mulai di produksi. Sumber dari Toyota Indonesia menjelaskan bahwa mesin 1.3L berkaitan dengan program Low Carbon Emission (LCE) yang sampai saat ini belum juga diketok pemerintah, regulasinya. Bedanya dengan 1.5L yang memenuhi domestik dan ekspor, sedangkan mesin 1.3L hanya untuk kebutuhan dalam negeri saja.

Advertisement

LCE sebenarnya adalah program lanjutan dari Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang kebagian jatah itu karena produk Toyota di kelas LCGC sudah menjadi garapan Astra Daihatsu Motor. Sumber juga mengatakan, 1.3L akan dipakai pada model- model Toyota yang sudah diproduksi lokal. Ketika ditelusuri lebih lanjut sumber menjawab iya ketika ada pertanyaan apa mesin 1.3L akan dipakai oleh Vios dan Yaris?  KompasOtomotif, Jumat (5/8/2016). Keterangan ini sangat menarik sebab seperti yang sudah kita tahu dua model satu platform itu cuma punya pilihan mesin 1NZ-FE 1.5L. edisi terbaru Vios di Indonesia memang sudah dipastikan ganti mesin seperti di Thailand, yang kapasitasnya sama 1.5L hanya saja berkode NR serupa dengan Sienta.

Mesin yang lebih kecil pada Vios dan juga Yaris tujuannya adalah agar mobil lebih irit dibandingkan sebelumnya, namun bisa saja dianggap tidak logis karena tenaganya akan lebih rendah. Dan satu hal yang perlu di ingat bahan alumunium bisa memangkas bobot mesin sampai 80 – 90 kg. dan diet seperti itu akan sangat mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Selain itu mengingat LCE adalah program pemerintah yang merujuk pada teknologi elternatif sebagai diferensiasi dari LCGC. Bisa jadi mesin 1.3L itu akan di temani oleh teknologi baru. Baca juga Hyundai i20 Turbo Edition Resmi Diluncurkan dan Mitsubishi Siapkan Debut XM Concept di GIIAS 2016

Top