GIIAS Bukan Ajang Jual Beli

Suatu Saat GIIAS Akan Steril Dari Jual Beli – Pameran merupakan sebuah ajang menarik bagi para pengusaha untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Pasalnya, baik produk terkenal maupun yang belum terkenal akan mendapatkan keuntungan yang signifikan dalam ajang tersebut. Hal ini disebabkan lantaran produk terkenal akan menjadi magnet tersendiri bagi konsumen untuk menghadirinya, sedangkan produk-produk baru akan turut kecipratan terlihat oleh konsumen yang kebetulan lewat.

giias bukan ajang jual beli

Sedikit berbeda di Indonesia, ajang pameran biasanya identik dengan pusat bisnis dadakan selain sebagai ajang promosi. Bahkan, beberapa vendor malah dengan pedenya membuat ajang pameran sebagai terget operasionalnya dengan mengacukan target penjualan pada even tersebut. Hal inilah yang terkadang membuat pameran apapun di Indonesia menarik perhatian berbagai pihak. Tak terkecuali pameran otomotif.

Namun, dilansir dari Okezone (5/8/2016), nyatanya Gaikindo punya arah pikir yang berbeda. Sebagai penanggung jawab ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS), Gaikindo berprinsip bahwa sejatinya ajang pameran mereka harus disterilkan dari ajang jual beli. Ketua Kompartemen Pameran dan Konferensi Gaikindo, Davy J Tuilan menyatakan bahwa pada prinsipnya GIIAS memang bertujuan untuk menjadi ajang berkiblat internasional di mana betul-betul mengedepankan produk baru, teknologi baru, dan tentunya untuk lebih kepada edukasi untuk masyarakat.

Walaupun demikian, selama Davy tak bisa memungkiri bahwa GIIAS sendiri memiliki andil besar dalam penjualan mobil di Indonesia selama ini. Menurutnya, GIIAS tahun ini mampu menjadi momentum meningkatkan penjualan di semester kedua 2016. Apalagi, GIIAS kali ini akan dihadiri oleh 361 peserta yang tentunya akna semakin meramaikan transaksi kotak besi beroda di Indonesia. Sebut saja Honda, Kawasaki, Ducati, Piaggio, Vespa, Peugeot Scooter, dan BMW Motorrad dipastikan akan hadir dalam ajang ini.

separator

Walaupun demikian, untuk menjaga fitrah dan tujuan GIIAS 2016 ini, ke depannya GIIAS akan steril dari masalah jual beli tersebut. Namun menurut Davy, hal ini baru akan dilakukan sekitar 5 hingga 10 tahun mendatang. Lantas bagaimana dengan penjualannya? Bagi Davy, tentu penjualan akan dialihkan pada diler-diler bersangkutan sebagaimana fitrahnya pada diler. Baca juga Toyota dan Honda Hadirkan Mobil Hidrogen di GIIAS dan Mitsubishi Siapkan Debut XM Concept di GIIAS 2016.

Top