Ford Kampanyekan Recall 830 Ribu Unit Mobilnya di Amerika Utara

Pintu Samping Bermasalah, Ford Recall Hampir Satu Juta Unit Mobilnya – Kabar terbaru hadir dari produsen kendaraan asal Amerika, Ford. Kabarnya, belum lama ini Ford mengumumkan recall atau perbaikan massal terhadap hampir satu juta unit mobilnya yang dipasarkan di negara bagian Amerika Utara. Tepatnya, Ford Motor Company bakal melakukan perbaikan massal terhadap 830.000 unit mobilnya yang mengalami masalah pada bagian kait pintu samping (latch). Pasalnya, masalah tersebut mengakibatkan pintu bisa terbuka sendiri pada saat mobil dikendarai.

pintu samping bermasalah ford recall hampir satu juta unit mobilnya

Seperti infromasi Reuters yang dirangkum melalui KompasOtomotif, Jumat (05/08/2016) tertulis bahwa produsen mobil asal Amerika tersebut telah mengidentifitasi satu kecelakaan lalu lintas yang dilaporkan akibat hal tersebut. Kecelakaan yang terjadi bahkan menyebabkan cedera yang kemungkinan berujung pada cacat.

Akibat laporan kecelakaan tersbeut, akhirnya Ford melalukan pengecekkan pada model-model lain yang kemungkinan juga mendapatkan masalah yang sama. Dari hasil pemeriksaan, rupanya ada beberapa model yang harus mendapatkan perbaikan massal terkait permasalahan tersebut.

Adapun model-model yang harus mendapatkan perbaikan massal yaitu diantaranya adalah Ford C-MAX dan Ford Escape yang diproduksi pada tahun 2013-2015. Kemudian Ford Focus tahun 2012-2015, Ford Mustang dan Lincoln MKC tahun 2015, serta  Ford Transit Connect  produksi tahun 2014-2016.

separator

Pihak perusahaan sendiri kemudian mengungkapkan bahwa untuk melakukan perbaikan, totalnya diperlukan biaya mencapai sekitar 270 juta dollar AS atau setara dengan Rp3,5 triluin. Biaya tersebut dikatakan bakal dikeluarkan sendiri terutama oleh Ford Amerika Utara.

“Total biaya yang harus dikeluarkan Ford untuk recall ini bisa mnecapai angka sebanyak 270 juta dollar AS yang jika dorupiahkan senilai Rp3,5 triliun. Biaya tersebut akan dikeluarkan khususnya oleh Ford Wilayah Amerika bagian utara.” Ujar pihak perusahaan.

Jika diliahat lebih detailnya, untuk total penarikan kembali adalah meliputi sebanyak 766.628 unit kendaraan yang berada di pasar Amerika Serikat dan sebanyak 61.371 merupakan kendaraan yang dipasarkan di wilayah Meksiko, dan di beberapa daerah lainnya. Sebelumnya juga diketahui bahwa Ford pernah me-recall model dari Ford Fiesta, Fusion dan juga Lincoln MKZ di Amerika Utara pada bulan April 2015 lalu. Recall tersbeut juga merupakan dampak dari masalah yang sama. Baca juga Toyota Australia Recall 15 Ribu Unit Mobil Sport 86 dan Nissan Malaysia Recall Besar-besaran, Indonesia Belum Ada Konfirmasi

Top