Toyota Indonesia Siapkan Varian Baru Yaris dan Vios Produksi Lokal

Toyota Indonesia Bakal Hadirkan Jagoan Baru Bermesin Kecil – Setelah mengungkapkan rencana terbaru usai seratus persen mengakuisisi Daihatsu, kabar terbaru kini hadir dari Toyota. Kabarnya, pabrik mesin alumunium Toyota baru yang bertempat di Karawang, Jawa Barat bakal memproduksi mesin dengan tipe lain yang berkapasitas lebih kecil yaitu 1.3 liter. Mesin berkode NR tersebut sebelumnya telah diproduksi dengan kapasitas 1,5 liter dan digendong oleh Sienta. Lalu, terkait rencananya tersebut, apakah Toyota bakal menghadirkan model kendaraan lain dengan kapasitas lebih kecil?

toyota indonesia bakal hadirkan jagoan baru bermesin kecil

Nah, itulah rencana yang disampaikan oleh sebuah sumber. Berdasarkan informasi yang dirangkum melalui KompasOtomotif, Jumat (05/08/2016) tertulis bahwa mesin berkapasitas 1,3 liter tersbeut berkaitan dengan program Low Carbon Emission (LCE) yang memang hingga saat ini belum disahkan oleh pemerintah, regulasinya. Perbedaannya dengan mesin berkapasitas 1,5 liter, adalah jika mesin 1,5L bisa memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor, untuk mesin 1,3L ini hanya untuk kebutuhan dalam negeri saja.

LCE ini sendiri merupakan program lanjutan dari Low Cost Green Car (LCGC). Dalam hal ini, Toyota Motor Manufacturing Indonsia (TMMIN) merupakan perusahaan yang kebagian jatah dalam proyeknya. Hal tersebut dikarenakan Toyota sendiri untuk kelas LCGC telah menjadi proyek garapan dari Astra Daihatsu Motor.

Sumber tersebut juga mengungkapkan, bahwa mesin berkapasitas 1,3 liter tersebutakan digunakan pada model-model kendaraan Toyota yang telah diproduksi lokal. Kemudian akhirnya sumber tersebut mengiyakan jika mesin 1,3 liter akan digunakan pada model Vios dan Yaris.

Keterangan tersebut akhirnya menjadi perbincangan yang cukup menarik. Pasalnya, seperti kita ketahui bahwa dua model mobil yang menggunakan satu platform tersebut hanya memiliki satu pilihan mesin yaitu 1NZ-FE 1.5L. Edisi terbaru Vios di Indoensia memang telah dipastikan bakal ganti mesin di Thailnad, kapasitasnya sama masih 1,5 liter namun, kini membawa kode NR seperti yang digendong Sienta.

Jika informasi tersbeut benar, maka memang akan sangat menarik. Dua kendaraan Yaris dan Vios bakal mendapat penyegaran yang menarik dengan mesin NR kapasitas kecil. Pastinya, tinggal menunggu pemerintah ketok palu atas proyek Low Carbon Emission (LCE). Baca juga Mitsubishi didesain sebagai crossover MPV  dan Ini Dia Kehebatan Datsun GO dan GO+ Style Edition

Top