Salah Kaprah LCGC

Tak Ada Program Mobil Murah di Indonesia – Walaupun sudah dibilang bukan barang baru dalam sejarah peradaban manusia, namun nampaknya mobil di Indonesia masih masuk dalam kategori barang mewah. Pasalnya, kendaraan roda dua masih lebih populer untuk dijadikan kendaraan utama bagi sebagian masyarakat pada umumnya. Hal ini tentu secara logis lebih masuk diakal lantaran kuda besi masih memiliki harga yang cenderung lebih murah ketimbang kendaraan roda empat.

salah kaprah lcgc

Menariknya, beberapat ahun yang lalu Pemerintah dengan sigap membuat sebuah aturan klasemen mobil baru. Klasemen tersebut pada pokoknya ditujukan untuk masyarakat menengah ke bawah untuk dapat mencicipi kenyamanan di jalanan aspal via box besi beroda empat tersebut. Pasalnya, spesifikasi mesin yang diusung memang memiliki batas atas yang ketat pada kelas cc yang tak terlalu besar. Hal inilah yang menjadikan banderol harga segmen baru tersebut dapat ditekan serendah mungkin lantaran untuk urusan pajak akan masuk dalam kelas seminim mungkin. Atas dasar tersebut, sebutan Low Cost Green Car alias mobil murah ramah lingkungan, santer terdengar di dunia otomotif di Indonesia.

Sayangnya, menurut Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Sudirman MR sebutan tersebut tak bisa dianggap benar. Dilansir dari Kompas (6/8/2016), aturan yang dibuat Pemerintah bukan urusan mobil murah ramah lingkungan melainkan mobil hemat energi dengan harga terjangkau. Hal ini disampaikan secara gamblang lantaran Sudirman merupakan salah satu pihak yang terlibat dalam pembuatan aturan tersebut. Sehingga wajar apabila Sudirman memahami seluk beluk aturan tersebut.

Menurutnya, pada pokoknya mobil yang keluar pada segmen ini tak harus murah. Satu hal yang dituntut oleh Pemerintah melalui aturan yang ada adalah prisnip keterjangkauan masyarakat dan bukan masalah harga yang murah. Itu artinya, bisa saja segmen ini malah menjadi mahal jika suatu ketika daya beli masyarakat mengalami kenaikan.

Realitanya yang terjadi saat ini, varian mobil harga terjangkau akan segera mengalami fluktuasi akibat inflasi. Sehingga dapat dikatakan masyarakat akan segera kesulitan mendapatkan mobil dari segmen ini dalam taraf di bawah 100 juta pada tahun ini. Hal ini nampaknya menjadi bukti kuat bahwa tak ada program mobil murah di Indonesia. Baca juga PT Toyota-Astra Motor Persiapkan Mobil LCGC dan Gagal Masuk JFK 2016, Datsun Matic Terganjal Regulasi LCGC.

Top