Kelahiran Fuel Cell Ethanol Nissan

Nissan Buat Teknologi Penyempurnaan Mesin Ethanol – Pemahaman manusia akan lingkungan nampaknya memang menjadi pembicaraan pokok pengembangan teknologi saat ini. Pasalnya semenjak manusia bergantung apd abahan bakar fosil, kelestarian lingkungan adalah suatu isu yang tak kunjung usai untuk dibahas. Hal ini lantaran lingkungan merupakan pihak pertama yang terkena dampak dari teknologi buatan manusia tersebut.

kelahiran fuel cell ethanol nissan

Untuk itu, pengembangan teknologi akhir-akhir ini sering disibukkan dengan pengemabangn arah alternatif dalam teknologi manusia. Salah satunya dengan memanfaatkan rekayasa tenaga bio yang selain dapat diperbaharui juga diklaim dapat menjaga kelestarian lingkungan dengan damapak yang lebih sedikit ketimbang teknologi mesin bahan bakar fosil.

Advertisement

Nissan, salah satu pemain lama dalam pasar otomotif nampaknya tak mau ketinggalan dalam persaingan bergengsi ini. Setelah sebelumnya Toyota Mirai dan Honda Clarity mengusung mobil ethanol siap pakai, kali ini Nissan juga menghadirkan varian yang mirip-mirip dengan konsep yang lebih menarik.

Dilansir dari Kompas (6/8/2016), Nissan menciptakan teknologi yang mereka sebut solid oxide fuel cell (SOFC). Teknologi ini akan memanfaatkan ethanol sebagai bahan utama mereka untuk menyuplai listrik sebagai daya pada mobil yang mereka buat tersebut. Menariknya, sebagai bahan percobaan di Brazil, mereka menggunakan MPV Evalia. Tentu, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa teknologi ini dapat menjadi andalan di masa depan untuk kelas MPV yang laris manis di berbagai negara.

Walaupun secara konsep bukan teknologi yang 100 persen baru, namun teknologi SOFC dari Nissan memang tergolong lain dari yang lain. Pasalnya, teknologi yang dibuat oleh Honda dan Toyota sebelumnya masih membutuhkan pasokan hidrogen dari luar mobil. Sehingga kerumitan pembangunan infrastruktur pengolah hidrogen menjadi kendala besar dua pabrik besar tersebut.

Langkah berbeda diambil oleh Nissan. Pasalnya, Nissan menjelaskan bahwa mobilnya akan memroduksi hidrogen dari ethanol itu sendiri. Alhasil, sistem pengisiannya hanya sekedar datang ke SPBU sama seperti pengisian bahan bakar yang ada di banyak negara. Hal ini tentunya mampu membuat Nissan lebih unggul dalam kategori mobil dengan teknologi ethanol. Baca juga Nissan Lakukan Pengujian Bahan Bakar Terhadap Nissan Kicks dan Pemakaian Energi Alternatif di Indonesia.

Top