Mulai Bangkit, VW Siap Hadirkan Tiga Platform Mobil Bertenaga Listrik

Mencoba Bangkit dari Skandal, VW Tengah Siapkan Tiga Platform Mobil Listrik – Volkswagen (VW) Group merupakan pabrikan mobil asal Jerman yang sejak akhir tahun lalu terjerat kasus skandal manipulasi data emisi atau gas buang dari beberapa merek kendaraannya. Buntut dari skandal tersebut memang cukup panjang dan hingga saat ini juga masih belum sepenuhnya tuntas. Namun, daripada terus terpuruk tanpa melakukan papapun, akhirnya VW mencoba untuk bangkit. Kabarnya VW Group saat ini tengah mempersiapkan tiga platform yang kabarnya bakal didedikasikan untuk mobil bertenaga listrik.

mencoba bangkit dari skandal vw tengah siapkan tiga platform mobil listrik

Langkah yang dilakukan VW tersebut, tentu saja sama dengan produsen lain yang telah memproduksi mobil-mobil listrik yang pertama adalah untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat gas buang atau emisi dan yang kedua adalah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak.

Berdasarkan informasi Carscoop yang dirangkum melalui Okezone, Sabtu (06/08/2016) tertulis bahwa tiga platform racikan VW ini akan digunakan untuk 30 model mobil listriknya. Di samping itu, platform ini sengaja diciptakan agar dapat digunakan oleh banyak model mobil lain yang membawa gaya tubuh yang berbeda-beda, serta adanya jarak sumbu roda yang bervariasi. Untuk itu, bisa lebih menghemat biaya produksi. Karena dnegan stu jenis platform bisa digunakan untuk beberapa jenis model mobil.

Mengingat kondisi VW saat ini yang tengah mengalami masa krisis karena harus menanggung kerugian yang jumlahnya cukup banyak, langkah tersebut juga terbilang efisien dan bisa menjadi langkah untuk mendapatkan kembali kepercayaan konsumen karena mobil listrik tentu saja tidak akan memerlukan adanya data emisi.

separator

VW sendiri telah mengonfirmasi bahwa satu dari tiga platform yang ada telah mendapatkan lampu hijau dan akan segera memasuki jalur produksi. VW menyebutkan bahwa platform tersebut akan membawa nama platform Modular Electric Toolkit (MEB). Selain itu, Volkswagen Budd-e Concept juga disinyalir menjadi mobil jenis mini bus pertama di dunia yang akan digerakkan oleh motor listrik.

Berdasarkan rumor, Budd-e akan hadir dengan membawa baterai jenis Lithium Ion  yang menjadi sumber tenaga dari adanya motor listrik di bagian depan dan juga bagian belakang. VW kemudian meletakkan baterai tersebut di bawah bagian lantai mobil. Kabarnya, daya yang disediakan oleh Budd-e ini akan mampu menempuh jarak jangkauan sejauh 374 km. Baca juga Prototipe Nissan BladeGlider Bakal Hadir di Olimpiade Rio dan Nissan Buat Teknologi Penyempurnaan Mesin Ethanol

Top