Spesifikasi dan Harga Kia Rio Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Kia Rio – Lama tak terdengar gaungnya, Kia kembali menyemarakkan pasar otomotif Indonesia lewat sejumlah produk barunya. Rabu (1/7/15) kemarin, mengambil tempat di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta, PT Kia Mobil Indonesia selaku agen pemegang merek mobil-mobil Kia di Indonesia secara resmi merilis dua unit mobil barunya, yaitu Kia Rio dan juga Kia Picanto edisi platinum yang akan melengkapi deretan mobil-mobil baru Kia. Khusus untuk Kia Rio sendiri, tipe platinum yang baru saja dirilis ini akan melengkapi line-up Kia di segmen hatchback yang sebelumnya telah memiliki Kia Rio versi standar manual dan otomatis. Semenjak kemunculannya di jalanan Indonesia, Kia Rio telah menjadi penantang serius bagi dua penguasa mobil tipe hatchback Tanah Air, yaitu Toyota Yaris dan juga Honda Jazz. Dan kini, kehadiran All New Kia Rio akan membuat peta persaingan segmen hatchback di Indonesia semakin ‘panas’ karena sebelumnya Honda dan Toyota telah merilis New Jazz dan juga All New Yaris. Di segmen hatchback sendiri, Kia Rio mampu menempati posisi ketiga di bawah Toyota Yaris dan Honda Jazz. Dengan hadirnya Kia Rio generasi baru ini, Kia seakan ingin menunjukkan bahwa hatchback-nya memang layak menduduki peringkat tiga teratas pada deretan mobil-mobil hatchback lima pintu di Indonesia.

kia rio

All New Kia Rio kali ini mengusung desain karakter mobil Eropa yang ramah lingkungan dengan tingkat emisi gas buang rendah sehingga tidak merusak kualitas udara. Kia Rio generasi baru sendiri secara eksklusif didesain oleh desainer kondang asal Amerika Serikat, Massimo Frascella. Salah satu sektor yang mencolok dari Kia Rio edisi teranyar ini adalah penggunaan velg 17 inci yang membuatnya nampak lebih sporty. Namun velg ring 17 ini hanya ada pada Kia Rio edisi platinum generasi baru. Sementara Kia Rio versi standar (MT/AT) sendiri masih setia dengan velg berukuran 15 inci. Jika tampilan luarnya memiliki aura baru yang lebih fresh, tidak demikian halnya dengan sektor dapur pacunya. Kali ini Kia masih setia dengan mesin CVVT 4 Silinder DOHC berkapasitas 1.396 cc untuk menggawangi Kia Rio ini. Kia memang tak mengubah komposisi mesin tipe Gamma pada varian Rio terbaru ini karena performa dan kualitasnya sudah terbukti tangguh dan pastinya irit. Tak hanya sampai di sini saja, Kia masih memiliki segudang teknologi canggih dan fitur-fitur modern yang ada pada mobil barunya ini. Nah, untuk Anda yang sudah penasaran dengan detail spesifikasi dan harga Kia Rio ini, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

mobil kia rio

Spesifikasi Kia Rio

Perpaduan Konsep Sedan dan Hatchback dengan Desain Lebih Sporty

Konsep desain bodi pada bagian depan yang diusung oleh spesifikasi Kia Rio memiliki desain yang elegan dan modern yang berbeda sekali dengan versi sebelumnya. Kesan yang ditangkap ketika mengendarai mobil ini adalah kesan yang sporty dan dinamis karena lapisan chrome yang membalut kendaraan ini. Selain itu bentuk body Kia Rio sendiri cukup berbeda dengan mobil hatchback kebanyakan sehingga menimbulkan kesan unik yang gagah. Massimo Frascella sebagai desainer Kia Rio menggabungkan konsep sedan dan hatchback modern yang menghasilkan unit mobil elegan namun tetap memiliki aura sporty yang kuat. Frascella masih mempertahankan desain muka ‘tiger nose’ yang telah menjadi ciri khas Kia Rio dari generasi awal. Ultra High-Strength Steel yang melekat pada bodynya membuat kuat body dari mobil ini sehingga dapat lebih bertahan dari tumbukan. Pada bagian body depannya sendiri Kia Rio juga dibalut apik dengan perpaduan Grille yang berkonsep Tiger Nose Design dan bumpernya yang terlihat menyatu sehingga menimbulkan kesan modern. Headlamp dengan lampu LED dan juga Fog Lamp menghiasi body depannya sehingga menambah kesan premium dari mobil ini. Sedangkan jika kita menilik Kia Rio dari samping maka garis lengkung akan menghiasi sisi bodynya dan ditambah dengan velg sporty. Sedikit sentuhan baru terdapat pada kaki-kaki Kia Rio edisi platinum yang menggunakan velg berdiameter 17 inci, lebih lebar dari Rio versi standar MT/AT yang menggunakan velg 15 inci. Selain itu juga terdapat LED side repeaters pada kaca spionnya untuk membantu indikator pencahayaan pada Headlampnya. Lalu jika kita berpindah ke belakang maka kesan pertama yang ditangkap Kia Rio ini memiliki desain body belakang yang mirip dengan Kia Sportage. Body belakangnya mempunyai lengkung yang tegas dan tambahan LED rear combination lamps membuatnya semakin terlihat mempesona. Spesifikasi Kia Rio sendiri memiliki dimensi yang cukup lebar untuk mobil hatchback dengan ukuran 4.045 x 1.720 x 1.455 (PxLxT/mm).

spesifikasi kia rio

Kabin Luas Didukung Interior Serba Mewah

Nah sekarang kita masuk pada segmen interior dari spesifikasi Kia Rio generasi baru yang memiliki tata letak sempurna dengan kabin yang cukup luas. Tata letak kursi dari depan hingga ke belakang disesuaikan secara pas sehingga penumpang mendapatkan ruang yang lega dan leluasa ketika mengendarai mobil ini. Kia Rio juga memadukan 2 warna pada dashboardnya sehingga terasa lebih dinamis. Lingkar kemudi Kia Rio menggunakan teknologi Telescopic Steering Wheel yang secara elektrik dapat mengatur tinggi rendah lingkar kemudi. Teknologi pada Power Steering-nya juga cukup asyik dengan menggunakan MDPS (Motor Driven Power Steering) yang dapat menggunakan listrik saat diinginkan. Kia Rio ini juga terasa nyaman karena memiliki tingkat noise, vibration dan harshness (NVH) cukup rendah dengan tidak terdengarnya suara dari luar yang bisa mengganggu. Untuk sektor hiburannya, Kia Rio membawa perangkat hiburan yang cukup lengkap dengan adanya fitur Audio Double Din yang sanggup memainkan musik dengan apik dari MP3, CD, Bluetooth, USB, maupun konektor AUX yang dipadukan dengan 4 speaker utama. Selain itu, Glove Box Cooling yang disediakan di sisi kursi juga mengakomodasi keinginan Anda untuk membuat minuman dingin kapanpun dan dimanapun Anda menginginkannya. Lalu, fitur keamanan dari spesifikasi Kia Rio juga sangat lengkap dengan adanya Single Airbag pada kemudi, Anti-Lock Brake System (ABS) pada sektor remnya, dan sensor mundur yang membuatnya lebih aman dari Hyundai Avega sekalipun.

spesifikasi mobil kia rio

Advertisement

Dapur Pacu Bertenaga Andalkan Mesin CVVT DOHC 4 Silinder

Untuk sektor dapur pacu dari spesifikasi Kia Rio, Kia menggunakan mesin berkapasitas silinder 1400 cc dan juga mesin CVVT yang dapat memberikan performa tinggi. Sistem dapur pacu menggunakan teknologi DOHC 4 silinder serta dilengkapi dengan 16 buah katup. Dengan mesin itu, Kia Rio mampu menghasilkan tenaga sebesar 107 (ps) pada saat mesin berputar di 6.300 (rpm). Sedangkan untuk torsi maksimal yang dapat dicapai adalah 14 (nm) pada saat mesin bekerja di putaran 4.200 (rpm). Selain itu, Kia Rio edisi terbaru ini juga tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual (MT) 6 percepatan dan juga otomatis (AT) 4 percepatan. Generasi baru Kia Rio ini juga mengusung sistem ECO yang akan menghemat konsumsi bahan bakar serta meminimalisir tingkat kandungan CO2 pada gas buangnya. Satu liter bensin yang ada pada mobil hatchback Kia ini dapat untuk menempuh jarak 14-18 KM. Untuk tipe suspensi depannya sendiri, spesifikasi Kia Rio menggunakan MacPherson Struts yang dilengkapi dengan stabilizer dan dual tube gas shock. Sedangkan untuk suspensi belakang, mobil ini menggunakan Couple Torsion Beam dengan gas shock absorber yang membuatnya sangat nyaman dikendarai dan stabil saat meluncur.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan Super Lengkap

Sedikit berbeda dari generasi lamanya, spesifikasi All New Kia Rio pada bagian fitur keamanan dan kenyamanan memiliki beberapa fitur baru nan canggih. Kia telah menyematkan sistem kemudi Motor Driven Power Steering (MDPS). Dengan sistem itu, Kia Rio akan memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra kepada pengemudinya. Sistem MDPS pada Kia Rio itu memungkinkan kemudi akan menjadi lebih ringan saat kecepatan rendah dan terasa lebih mantap dan aman pada saat melaju di kecepatan tinggi. Selain itu, pada Kia Rio generasi baru juga terdapat fasilitas tilt steering pada roda kemudi yang dapat menambah kenyamanan berkendara. All New Kia New juga telah memiliki fitur Smart Key Immobilizer dan Keyless Entry yang memberikan kemudahan membuka atau mengunci pintu dengan satu sentuhan serta Start/Stop Button Engine. Dari segi keamanan, spesifikasi All New Kia Rio pun telah dilengkapi dual airbag serta ditambah lagi dengan sensor parking yang memudahkan pengemudi saat parkir kendaraan, serta fitur ABS dan EBD yang berguna untuk memberikan pengendalian yang maksimal.

Kia Rio

Mesin
Tipe Gamma CVVT 1.4 L DOHC
Kubikasi 1.396 cc
Tenaga Maksimum 107 PS/6.300 rpm
Torsi Maksimum 13.8 kg.m/4.200 rpm
Transmisi 6-speed MT, 4-speed AT
Steering Rack & Pinion
Tipe Power Steering Electronic Power Steering with Tilting
Dimensi
P x L x T 4.045 x 1.720 x 1.455 mm
Jarak Sumbu Roda 2.570 mm
Jarak dengan Tanah 140 mm
Suspensi
Suspensi Depan Mc Pherson Strut w/ Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber
Suspensi Belakang Couple Torsion Beam w/ Gas Shock Absorber
Kaki-kaki
Ban Depan/Belakang Alloy Wheel 185 / 65 R15 (standard) R17 (platinum edition)
Pengereman
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Fitur
Keamanan Electronic Brake Distribution combined with Anti-lock Brake System
Keyless Entry
Seat Belt
Central Door Lock
Parking Sensor
Hiburan Media Connectivity with  USB + AUX (iPod Ready)
Power Outlet
Power Window
Speaker 4 Main Speaker (Fr / Rr Door) + 2 Tweeter
Intrumental Panel Odometer Digital w/ Trip Computer

Harga Kia Rio

Performa mesin yang bertenaga dipadukan dengan desain yang stylish dan beda dari yang lainnya membuat mobil Kia ini menjadi salah satu mobil hatchbak terbaik. Nah, di segmen ini Mas Sena akan memberitahukan harga Kia Rio terbaru yang dipasarkan di Indonesia. Setelah mengulasnya begitu mendalam, Mas Sena cukup percaya jika mobil ini sebagai pemenang penghargaan Reddot Design Award 2012 dan ABC Design 2011 karena desain dari mobil ini sendiri terlihat cukup modern dan sangat berkelas. Tampil dengan nuansa baru, jelas banderol harga Kia Rio akan sedikit berbeda dengan banderol harga versi lamanya. Pun begitu dengan banderol harga Kia Rio yang didapuk sebagai varian tertinggi di antara keluarga Rio. All New Kia Rio memang membawa aura baru yang lebih sporty yang pastinya akan memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan. Nah, dengan segala keunggulannya yang telah kita ulas lengkap tadi, kira-kira harga Kia Rio ini berapa ya?

harga kia rio

harga kia rio terbaru

Harga Kia Rio cukup bersaing di pasaran otomotif nasional dimana di negara kita mobil-mobil hatchback cukup bersaing dengan ketat. Pada tahun 2016 ini, tercatat All New Rio mengalami kenaikan harga jika dibandingkan dengan harga pada tahun lalu. Untuk All New Kia Rio 1.4 A/T pada awal tahun 2016 ini dijual dengan harga mulai Rp 238,650,000,-. Sementara untuk tipe manual harganya menyentuh Rp 224,650,000,-. Banderol harga Kia Rio untuk tipe otomatis maupun manual ini tecatat mengalami kenaikan harga meski tak terlalu signifikan. Sementara untuk tipe tertinggi, yakni All New Rio Platinum  harganya juga mengalami kenaikan. Dari rilis resmi laman Nisaan Indonesia, banderol harga Kia Rio tipe Platinum ini berkisar pada angka Rp 260 jutaan.

Harga Kia Rio
Tipe Harga
KIA All New Rio 1.4 A/T Rp 238,650,000,-
KIA All New Rio 1.4 M/T Rp 224,650,000,-
KIA All New Rio 1.4 Platinum Rp 260,650,000,-
Daftar Harga Mobil KIA

Nah itulah daftar harga Kia Rio yang resmi dijual di pasar tanah air. Harga yang Mas Sena sampaikan di atas adalah harga On The Road yang berlaku di wilayah DKI Jakarta. Pada wilayah lain seperti daerah-daerah akan terdapat sedikit perbedaan harga karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga jualnya, seperti faktor pendistribusian. Untuk lebih jelasnya, mengenai harga Kia Rio ini Anda bisa mengunjungi dealer-dealer Kia terdekat disekitar wilayah Anda. Menurut Mas Sena, generasi baru Kia Rio ini memang sangat menggiurkan, apalagi dengan adanya versi platinum-nya. Dengan segala kemewahan dan kecanggihannya, wajar jika akhirnya banderol harga Kia Rio termasuk yang paling tinggi di segmen low-hatchback Tanah Air. Baca juga ulasan lengkap Mas Sena mengenai Ford Fiesta Ecoboost dan Honda Jazz.

  • J1

    Keren ya mobilnya

    • ednoeg

      Keren abis.. I like it!

  • Nofan

    Wah keren mobil nya pantas j jadi senjata kia buat jualan d indonesia ini

  • Puma

    Untuk indonesia bagian head unitnya tuh aftermarket apa sama kayak head unit dari negara lain? Makasi gan

Top