Perang Saudara Satu Bapak Toyota

Calya Main-Main dengan Avanza – Persaingan dalam dunia otomotif senantiasa menjadi hal yang menarik untuk diamati. Pasalnya, dengan harga yang tak bisa dibilang murah bagai kacang goreng, konsumen senantiasa menuntut adanya perkembangan baik dari teknologi, konsep, maupun fungsional sebuah kendaraan. Akhirnya mau-tak mau, pabrikan kudu mengalah dengan senantiasa jor-joran terhadap semua model yang mereka miliki.

perang saudara satu bapak toyota

Hal tersebut tentunya akan menciptakan persaingan sehat antar para pengusaha otomotif di dunia lantaran akan senantiasa memberikan pilihan paling menawan bagi para penggemarnya. Bahkan, dalam skala saat ini, hitungan model keluaran terbaru bisa dibilang sangat cepat untuk saling menyaingi satu sama lain. Menariknya, dampak lain yang dihasilkan dari jor-joran model tersebut lebih terbilang menyakitkan. Pasalnya, disinyalir beberapa varian akan segera memakan jatah konsumen saudaranya sendiri dalam satu bapak.

Dilansir dari Okezone (8/8/2016), kehadiran Toyota Calya di pasaran nantinya akan segera memengaruhi penjualan Avanza. Hal ini diamini oleh Henry Tanoto selaku Vice President Director TAM. Henry menyebutkan bahwa kehadiran Calya akan mampu menggoyahkan konsumen Avanza lantaran permasalahan harga. Pasalnya secara spesifikasi, Calya nyaris mirip dengan apa yang diinginkan orang pada Avanza.

Hal tersebut utamanya dengan adanya konsep 7 tempat duduk yang diusung oleh Calya serta berbagai fitur yang ada di dalamnya. Padahal sebagaimana diketahui, selama ini Avanza merupakan salah satu tombak andalan Toyota di pasaran otomotif Indonesia. Tentu, kehadiran Calya akan menyebabkan perubahan suasana pasar yang sangat luar biasa nantinya.

Namun menurut Henry, sekalipun Calya akan memberikan pengaruh pada konsumen Avanza, namun jumlahnya tak akan signifikan. Namun, menurut General Manager Marketing Planning PT Toyota Astra Motor Anton Jimmy, dampak kehadiran Calya di pasaran baru akan kelihatan setelah melihat hasil penjualan nantinya. Walaupun demikian, Anton juga sependapat bahwa Calya memegang kunci penting atas turunnya penjualan Avanza jika terjadi nantinya.

Kejadian ini tentu akan menjadi unik jika nantinya angka penjualan Avanza drop banyak sedangkan Calya meroket tajam. Bisa dibilang, hal tersebut akan menjadi sejarah panjang perang saudara satu bapak dari Toyota. Baca juga Saingi Sigra, Toyota Optimis Target Penjualan Lebih Tinggi dan Toyota Calya Akan Sambangi Rumah Konsumen Agustus Depan.

Top