AHM Beri Apresiasi Bagi Calon Pengusaha Muda Berbakat

Astra Honda Motor Best Student 2016 Bertema Enterpreneur – Produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM) kembali gulirkan program AHM Best Student 2016. Pada ajang bertema enterpreneur atau wirausaha tersebut, ada sebanyak 531 peserta yang berasal dari 301 sekolah yang diseleksi hingga terpilih menjadi 69 finalis. Sebanyak 69 finalis tersebutlah yang akan doiboyong ke Jakarta untuk memaparkan hasil karya tulis masing-masing yang sesuai dengan tema.

astra honda motor best student 2016 bertema enterpreneur

Dalam kesempatannya, Ahmad Muhibbuddin selaku Deputy Head of Corporate Communication AHM mengatakan seperti yang dirangkum dari KompasOtomotif, Senin (08/08/2016) tertulis bahwa program AHM Best Student 2016 ini diharapkan bakal bisa mendorong lahirnya generasi-generasi muda kreatif dan memberikan manfaat bagi lingkungannya. Karya terbaik akan dinilai berdasarkan keunikan ide wirausaha, proses perencanaan, proses eksekusi jual-beli, laporan keuangan hingga skema cara mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

“Selain mengikuti kompetisi peserta juga mengikuti berbagai diskusi dengan beberapa tokoh yang menginspirasi, seperti BJ Habibie dan Alfatih Timur. Kami ingin membekali siswa-siswi pilihan ini, untuk bisa bermimpi serta menghasilkan ide dan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa,” Ujar Muhibbuddin.

Dari 69 finalis yang lolos, AHM telah berhasil memilih peserta terbaik dan dua pemenang lainnya. Ada tiga karya tulis ide wirausaha yang dinilai snagat kreatif adalah yang pertama adalah Kripik dan Teh, karya tulis ini merupakan hasil karya dari Wendi siswa SMK Negeri 1 Pangkalpinang, Bangka. Hasil karya Wendi menempati posisi juara pertama. Produk olahan kripik dan teh dari buah sirsak, berhasil membawanya sebagai pemenang. Selain berguna untuk cemilan, teh dari buah sirsak ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Wendi sendiri telah menjalankan usahanya sejal April 2016.

separator

Yang kedua adalah karya tulis berjudul Sate Ayam Tuk-Tuk. Pemenang kedua ini adalah hasil ide wirausaha dari siswa SMA Swasta Methoodist-2 Medan bernama Evelyn Christine. Sate ayam tuk-tuk ini sendiri merupakan kuliner lokal yang berusaha untuk terus dilestarikan.

Dan yang ketiga adalah hasil karya dengan ide Instalasi Hidroponik. Karya tulis tersebut merupakan ide dari siswa bernama I Gede Febriana SMK Negeri Petang, Kabupaten Bandung, Bali. Instalasi hidroponik ini merupakan ide bercocok tanam di area lahan sempit dengan memanfaatkan media tanam air.

Langkah AHM ini merupakan apresiasi yang sangat berpengaruh bagi generasi muda kreatif. Meski bergelut di industri otomotif, AHM bukan berarti harus menggelar program berbau otomotif. Buktinya, kegiatan pencarian ide-ide wirausaha muda ini berjalan dengan sukses. Baca juga Kerjasama AHM-SMK Ditengarai Strategi Bisnis dan OJK Berwacana, AHM Berbicara

Top