Wow! Autopilot Berhasil Selamatkan Nyawa

Teknologi Autopilot Ini Selamatkan Nyawa Pengemudinya – Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif memang senantiasa menuntut segala hal untuk berjalan dengan sendirinya. Hal ini sebenarnya memang menjadi konsep dasar dengan penamaan auto pada kata automotive dalam ejaan bahasa asing. Walaupun bukan skala mutlak, namun toh hingga saat ini mesin-mesin yang ada memang cenderung lebih otomotif ketimbang kendaraan yang dibuat manusia sebelumnya.

wow autopilot berhasil selamatkan nyawa

Titik tolak terakhir otomatisasi dunia otomotif pada era ini sebenarnya bisa dibilang terjadi setelah teknologi autopilot dihadirkan. Pasalnya, teknologi ini memang hampirseratus persen mengabaikan campur tangan manusia dalam berkendara. Sayangnya, beberapa waktu yang lalu, teknologi puncak ini malah dikabarkan mampu merenggut nyawa pengemudinya karena terjadi eror dalam pembacaan keadaan jalanan.

Menariknya, kali ini teknologi tersebut malah berbuat sebaliknya. Dilansir dari Okezone (9/8/2016), seorang pengemudi Tesla Model X, Joshua Neally (37) mengaku telah diselamatkan oleh teknologi ini. Secara kronologis, Joshua mengaku mengalami serangan pulmonary embolism. Serangan ini terjadi akibat adanya pembekuan darah di vena. Gawatnya, serangan ini terjadi ketika Joshua tengah mengemudikan mobil listrik tersebut dari kantornya.

Menurut penjabarannya, Joshua berhasil mencapai rumah sakit terdekat yang berjalak 20 mil melalui teknologi autopilot tersebut. Alhasil, Joshua berhasil diselamatkan setelah mendapatkan perawatan dari rumah sakit yang ditujunya tersebut.

separator

Kisah ini terbilang menarik. Pasalnya banyak yang meragukan pernyataan Joshua. Lebih-lebih dengan kondisi teknologi autopilot sekarang yang bisa dibilang tak stabil, secara logis seharusnya Joshua lebih memilih untuk menunggu pertolongan untuk datang menghampirinya. Namun Joshua menjelaskan hal yang lain. Menurutnya, nalurinya mendorongnya untuk mengambil keputusan tersebut. Menurutnya, dia akan selamat dengan mengandalkan teknologi tersebut ketimbang harus menunggu pertolongan untuk datang.

Kejadian ini memang memberikan bukti bahwa teknologi autopilot amat membantu dalam keadaan yang sangat genting. Namun demikian, dari kejadian-kejadian yang ada, yang dibutuhkan adalah kestabilan teknologi yang lebih menjamin keselamatan manusia. Sehingga tak ada lagi dalih beruntung akibat selamat menggunakan teknologi tersbeut, dan apes ketika mendapatkan celaka akibat teknologi tersebut. Baca juga Maserati Bakal Terapkan Teknologi Autopilot pada SUV Lavente dan Audi Bakal Jadikan Seri A8 Sebagai Model Pertama dengan Autopilot.

Top