Gantian Italia Menghukum VW

VW Kena Hukuman Lagi – Persaingan ketat dalam dunia otomotif memang terkadang memaksa pelakunya untuk berbuat curang. Walaupun bukan berada dalam suatu garis yang mutlak, nyatanya dalam beberapa tahun belakangan ini banyak juga para pemain dalam industri beroda ini yang ketahuan telah melakukan serangkaian kecurangan. Parahnya, beberapa diantaranya melakukan kecurangan yang sudah bertahun-tahun lamanya. Tentunya, konsumenlah yang akhirnya menjadi pesakitan utama.

gantian italia menghukum vw

Kali ini, berita didatangkan dari Italia. Salah satu merek terkenal VolksWagen baru-baru ini diberitakan telah dijatuhi hukuman oleh ototritas setempat. Sebagaimana dilansir dari Kompas (10/8/2016), VolksWagen dijatuhi hukuman lantaran kasus yang sama dengan kasus yang dialaminya di negara lain, yakni masalah emisi produknya. Pasalnya, VolksWagen dituduh menggunakan trik tertentu untuk membuat hasil emisinya terlihat bagus padahal senyatanya tidak, atau setidaknya memberikan infromasi yang salah terkait emisi kepada para konsumen.

Menariknya, kali ini Pemerintah Italia memberikan hukuman berupa denda sebesar 5 juta euro atau Rp 72,8 miliar. Angka ini bahkan terbilang kecil apabila merujuk putusan dari negara lain yang sudah-sudah. Sebut saja, 16 juta dollar AS atau Rp 210 miliar di Korea Selatan dan 15 miliar dollar AS atau Rp 196 triliun du Amerika Serikat.

Sebagai informasi, kasus ini pertama kali terbongkar di Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu oleh otoritas setempat. Harga hukuman yang mahal di Amerika Serikat mungkin memberikan indikasi mengenai dampak yang diberikan oleh VW pada konsumen-konsumennya dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Tentu, jika melihat skandal yang dilakukannya, nampaknya negara juga menjadi subjek yang dirugikan dalam kasus ini.

Jika dilihat dari banyaknya jumlah uang yang harusnya dikeluarkan, nampaknya VW memang sudah sewajarnya mulai kelimpungan. Menariknya, ketimbang keimpungan, VW masih terlihat teguh di pasaran otomotif internasional. Apalagi, masih diambil dari sumber yang sama, VW masih tercatat sebagai produsen otomotif terbesar di dunia, periode Januari – Juli 2016, dengan 5,12 juta unit mobil berhasil dibuatnya. Tentunya hal ini akan sulit dipercaya jika VW tidak memiliki sistem organisasi dan menjemen perusahaan yang valid. Baca juga Mencoba Bangkit dari Skandal, VW Tengah Siapkan Tiga Platform Mobil Listrik dan VW Sudah Lama Bersiap Hengkang Dari Korsel.

Top